Copy code snippet Seni Raja Dogar Sebagai Atraksi Wisata ~ KaGaroet

Seni Raja Dogar Sebagai Atraksi Wisata

Raja Dogar
Selain destinasi wisata petualangan, pemandangan,akomodasi dan kuliner, rasanya belum lengkap jikalau Garut hanya memiliki hal tersebut. Sebagai kota wisata, Garut memiliki juga seni budaya buhun khas Garut bernama kesenian Raja Dogar,atau Raja Domba Garut. Kesenian ini mirip dengan Barongsai dalam kebudayaan China. Merupakan atraksi yang divisualisaikan dalam bentuk hewan domba yang dimainkan oleh beberapa orang. Biasanya terdiri dari dua pasang boneka besar yang menyerupai kostum seperti domba yang tengah beradu. Sebagaimana di ketahui,sejak dulu kabupaten Garut terkenal dengan hewan ternak domba yang berkualitas baik, maka sering munculah Domba Garut.
Maka dari sini juga muncul budaya adu domba,yang merupakan simbol dari ketangkasan dan keberanian.Nama adu domba sekarang lebih familiar dengan Seni Ketangkasan domba Garut.
Untuk melestarikan budaya tersebut,maka munculah Seni Dogar tersebut, yang berupa replika domba Garut.
Seni yang diperkenalkan pertama kali di daerah Malangbong,kini lebih banyak ditampilkan sebagai pertunjukan resmi pemerintah kab Garut, pertunjukan seni,budaya dan menjadi daya tarik obyek wisata kabupaten Garut.