Babancong,Saksi Sejarah Abadi Lahirnya Garut

Babancong

Bila para wisatawan yang berkunjung ke wilayah kota Garut, tentunya akan penasaran dengan bangunan yang satu ini. Sebuah bangunan tua,bersejarah,monumental yang lahir bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Garut yang dulu masih bernama Limbangan. Saat ini Garut memasuki usia ke 203 Tahun,nah bisa dipastikan umur bangunan ini sekitar itu.
Bernama Babancong,istilah bahasa Sunda yang bermakna sebuah bangunan kecil,tinggi yang berada terletak di depan alun-alun atau pendopo.Dan memang kenyataannya,Babancong Garut terletak di depan rumah dinas Bupati Garut,di sebalah pojok selatan alun-alun Garut. Babancong dapat diartikan sebagai sebuah podium kehormatan bagi para "gegeden" Garut dan tamu-tamu kebesaran yang berkunjung ke Garut. Di atas bangunan ini biasanya para petinggi dan pembesar Garut berkumpul menyaksikan dan mengikuti perhelatan akbar yang diadakan di pusat alun-alun kota Garut.
Di lihat dari struktur bangunan, babancong merupakan bangunan bersegi delapan,dengan pilar berbentuk silinder dan menyangga bagian atap. Di bawahnya di buat relung-relung lengkung sebanyak delapan buah sesuai dengan jumlah penyangga yang terdiri dari delapan penyangga.Terdapat dua sisi tangga,yang bermotif lengkung sisik ular pada pentup sisi tangga.
Dengan nilai sejarah dan seni yang tinggi,konon bangunan jenis ini hanya ada satu-satunya di Indonesia,dan tetap dipertahankan sebagai ikon Garut hingga kini. 
Penasaran ingin mengunjungi Babancong Garut? sangatlah mudah. Dari destinasi wisata Cipanas atau Sibentang Villatel,menuju alun-alun hanya di tempuh sekitar 15 menit perjalanan dengan kendaraan. Maka,disarankan apabila sedang mengadakan city tour Garut, dapat mampir langsung melihat Babancong ini.