Menikmati Burayot,Kuliner Khas Garut



Burayot
Episode kali ini,tim Sibentang Villa akan memulai penelusuran wisata kuliner khas Garut dalam feature Peta Kuliner Khas Garut.
Garut,selain terkenal dengan keindahan alamnya,seni,kerajinan dan heritagenya,juga ternyata memiliki segudang aneka makanan khas yang unik dan lezat. Perkembangan dan tingkat kunjungan wisata ke daerah Garut dewasa ini tidak langsung mendorong gairah dan semangat pengrajin kuliner khas Garut bergeliat. Semangat menampilkan makanan khas Garut,selain dodol Garut yang legendaris selain meningkatkan roda perekonomian,juga ikut melestarikan warisan lokal yang hampir punah.
 Untuk kali ini, tim Sibentang menampilkan makanan khas Garut bernama 'Burayot'. Memang,makanan ringan ini tidak terlalu diketahui oleh kalangan luas,di Jawa Barat pun tidak semua masyarakat Sunda mengetahuinya. Penganan ini adalah khas dari Garut, namun makanan ini lebih dikenal oleh masyakara sekitar kecamatan Leles,Kadungora,Limbangan dan Wanaraja. Terbuat dari adonan tepung beras,santan,gula merah,minyak kelapa dan campuran kacang tanah.Rasanya sangat lezat,manis.Namun dilihat dari isi adonan,makanan ini hampir mirip dengan adonan kue Cucur di beberap daerah Jawa Barat. Dinamakan 'Burayot' karena di bentuk adonan menggantung atau dalam istilah bahasa Sunda 'ngaburayot'. maka dari itu makanan ini bernama Burayot.
Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Garut,layak mencoba makanan ini untuk mnemani obrolan santai dtiemani teh tawar hangat. Tersedia di beberapa sentra oleh-oleh di Garut seperti di daerah sekitar alun-alun Tarogong dengan hrga yang sangat terjangkau. Jadi,jangan lewatkan jala-jalan kuliner khas Garut dengan mencicipi penganan yang satu ini.