Copy code snippet Pesona Batik Garutan Yang Eksotis ~ KaGaroet

Pesona Batik Garutan Yang Eksotis


Motif Kepala Domba


Perkembangan industri sandang yang mengusung batik sebagai warisan leluhur bangsa,mengalami perkembangan yang sangat pesat.Dewasa ini pemakaian baju batik dan tema-tema batik dalam berbagai acara baik formal maupaun formal menjadi trend dan wajib secara nasional.Atas dasar itu pemerintah pun menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.
Nah berbicara mengenai motif baju batik,tentunya Indonesia sangat kaya dengan berbagai corak dan ornamen. Ada batik Solo,batik Yogyakarta,batik Pekalongan,batik Cirebon dan batik Garut atau lebih dikenal dengan batik Garutan.
Untuk para wisatawan yang khusus datang ke Garut dan bermalam di Sibentang Villatel,tentunya sangatlah perlu untuk menyempatkan berjalan-jalan "city tour"Garut mengunjungi sentra kerajinan dan industri batik Garutan.
 Motif batik Garutan tentu berbeda dengan motif batik dari daerah lain.Motif batik Garutan memiliki pemilihan warna yang lebih cerah dan berani. Motif biasanya lebih terinspirasi oleh flora dan fauna  juga pola garis diagonal atau belah ketupat.Namun tentunya disesuaikan untuk acara pemakain dan umur si pemakai. Batik Garutan lebih banyak merupakan batik tulis dimana pembuatannya memerlukan ketelitian,daya seni dan keterampilan yang tinggi.Oleh karena itu pembuatan batik tulis memerlukan waktu yang cukup lama dibanding batik printing. Rata-rata harga batik Garutan dengan batik tulis dipatok dari harga Rp.1500.000-Rp.2.000.000 untuk ukuran kain 1-2,7m.
Banyak sentra industri Batik Garutan yang berkualitas,tentunya para pengunjung dan wisatawan tidak cukup untuk meluangkan waktu semalam di Garut.Untuk itu,staff Sibentang Villatel,selain memberikan pelayanan menginap di Villa,dapat juga mengantar dan menunjukkan spot-spot batik Garutan tersebut.Penasaran?