Apa itu Hotel Butler?

istilah butler

Seperti telah dikatakan sebelumnya bahwa Sibentang Villa dalam memberikan pelayanan kepada para tamu mengadopsi system butler service meskipun belum sepenuhnya total full butler service.
Apa itu butler ?
Dalam dunia perhotelan istilah ini kerap digunakan dalam tahapan profesionalisme tinggi dalam hal pelayanan terutama makanan dan minuman.Butler lebih mengacu kepada pelayanan secara pribadi atau dapat dikatakan kepala pelayan senior rumah tangga. Dia bertanggungjawab kepada ketersediaan makanan dan minuman,pantry dan fasilitas khusus.Sedangkan housekeeper lebih diutamakan kepada pelayanan akan penampilan dan kebersihan ruangan atau kamar.Akan tetapi butler juga harus memiliki keterampilan sebagai seorang housekeeper. Pendek kata,butler adalah seluruh karyawan hotel yang dapat memberikan pelayanan khusus secara professional untuk meningkatkan kepuasan tamu.
Seorang butler bukanlah pekerja rendah,tetapi pekerja professional.Bahkan di dunia perhotelan kini telah banyak sekali sekolah khusus butler yang memberikan pendidikan dunia service secara professional.Di Amerika Serikat sendiri, lulusan terbaik sekolah butler digaji US$50.000-US$60.000. Di hotel sekelas Ritz Carlton,kini membuka pelatihan butler.
Butler merupakan pekerjaan yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.Butler tempo dulu adalah pekerja yang bertanggung jawab terhadap ruang makan termasuk tempat penyimpanan anggur di bawah tanah (wine cellar). Pada zaman dulu, minuman anggur (wine) ditempatkan di dalam tong kayu dan kendi dari tanah liat di bawah tanah. Pekerja pengawasan  dan pemeliharaan anggur-anggur ini biasanya di jaga oleh budak-budak dan pelayan khusus. Maka istilah butler diadopsi dari kata boteller dalam bahasa Inggris atau bouteillier dalam bahasa Perancis Kuno yang artinya pembawa botol. Dari sinilah istilah butler berkembang hingga kini dengan istilah dan ruang lingkup yang lebih luas.
Zaman semakin berkembang,pengetahuan berubah dan gaya hidup berubah.Demikian juga dalam bidang perhotelan dan akomdasi lain. Setiap karyawan hotel dan pekerja pariwisata kini dituntut untuk memiliki standar kompetensi dari sisi skill dan lain. Pekerja pariwisata adalah pekerja professional yang dibekali dengan ilmu pengetahuan dan professional tinggi. Maka dari itu hendaknya setiap wisatawan yang sering menggunakan akomodasi sudah saatnya memandang sisi lain dari seoarang pekerja hotel. Mereka bukan budak dan pelayan rendahan,mereka adalah pekerja professional



0 comments:

Post a Comment