Copy code snippet Berburu Kuliner di Pasar Ceplak Garut ~ KaGaroet

Berburu Kuliner di Pasar Ceplak Garut

Wisata Kuliner Garut Pasar Ceplak

Mengunjungi kota Garut,tidak lengkap jika hanya menikmati keindahan alam dan wisata Garut tanpa berkunjung ke pusat wisata kuliner warga Garut yaitu Pasar Ceplak.Pasar Ceplak merupakan area pusat jajanan dan kuliner yang terletak di Jalan Siliwangi,Garut.Jalur jalan sepanjang kurang lebih 300 meter ini sebenarnya merupakan jalan yang menghubungkan Jalan Ciledug dan Jalan Cikuray. Pada sore hari,lajur ini berfungsi sebagai pusat jajanan dan kuliner bagi masyarakat Garut maupun wisatawan dari luar kota Garut.
Pasar Ceplak mulai beroperasi mulai pukul 16.00 -22.00 WIB. Pengunjung dan wisatawan yang sedang berada di kota Garut,biasanya menyempatkan untuk berburu kuliner di malam hari.Sebenarnya kuliner yang disajikan bukanlah makanan yang terlalu istimewa atau merupakan kuliner umum seperti  soto, baso, pecel lele,bebek goreng,martabak dan lain-lain. Akan tetapi istimewanya karena pusat jajanan ini terbilang lengkap dan banyak pilihan. Harga yang dipatok pun relative murah.
Menurut cerita warga setempat,pasar Ceplak sudah ada sejak tahun 70-an. Istilah’Ceplak’ sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya’nyeplak’.Arti’nyeplak’ adalah mengunyah makanan sambil mulut terbuka karena diselingi berbicara,sehingga menimbulkan bunyi.Konon sejarahnya pada saat itu terjadi kemarau yang cukup panjang.Rakyat hanya bisa makan dengan nasi oyek campur singkong . Timbul sebuah gurauan jika makan nasi oyek sambil nyeplak  itu lebih nikmat rasanya.Dari situlah istilah Ceplak berkembang menjadi kawasan kuliner yang tetap ada hingga kini,bahkan kawasan legendaries ini telah dikukuhkan oleh Perda No 2 Tahun 1998 dan Perda No 7 tahun 2002 tentang pengaturan PKL di kawasan Jalan Siliwangi tersebut. Sempat juga pedagang ini direlokasi ke Islamic Centre pada masa Bupati Agus Supriadi, dengan alasan biang kemacetan,akan tetapi para pedagang kembali ke kawasan semula dan akhirnya tetap sampai kini.

Nah,untuk para pengunjung dan wisatawan yang bosen menikmati kuliner hotel dan resto di Garut,tidak salahnya memilih kawasan ini menjadi arena berburu kuliner di Garut.Selamat berwisata.