Copy code snippet Manfaat Mesin Telusur Bagi Wisatawan ~ KaGaroet

Manfaat Mesin Telusur Bagi Wisatawan


Perkembangan  informasi melalui internet pada era ini semakin meningkat sejalan dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin canggih. Fenomena ini secara tidak langsung mempengaruhi perilaku sosial ekonomi masyarakat dunia. Berbagai segmen kehidupan dan bisnis dewasa ini tidak luput dari campur tangan gadget dan informasi teknologi  terutama internet. Informasi dari seluruh penjuru dunia saat dan yang sedang terjadi akan langsung dinikmati oleh penduduk dari belahan dunia mana pun dalam waktu sekejap.
Dalam hal perkembangan bisnis ,salah satu  bisnis yang memang sangat dipengaruhi oleh media informasi adalah industri pariwisata dan travel umumnya.  Hubungan yang saling menguntungkan antara calon tamu atau traveller dengan penyedia jasa akomodasi dewasa ini sangat erat. Si calon tamu sebelumnya akan mencari tahu dulu keberadaan hotel atau akomodasi tertentu melalui pilihan kata kunci (keyword) yang di ketik dalam  mesin pencari website,dan muncullah berbagai pilihan akomodasi sesuai pencarian tersebut. Saat ini
Google memang masih menjadi nomor satu untuk Search Engine atau Mesin Telusur web yang umum dikenal oleh masyarakat,sekalipun bukan seorang ahli dalam internet.  Istilah ‘googling’ dewasa ini merujuk kepada upaya browsing melalui mesin pencari web,yaitu Google.Memang ,masih banyak search engine lainnya yang masih bisa digunakan seperti Yahoo,Bing,MSN, Aol, Alta Vista dan lain-lain. Namun dari sekian mesin telusur yang memang akrab di telinga masyarakat,ya Google lah yang umum digunakan. Kelebihan mesin telusur ini  kepada pencarian teks dan banyaknya file yang mudah terindex,terutama melalui pencarian keyword yang tepat. Sebagai contoh’ jika seorang hendak bepergian atau berwisata di Garut namun bingung mencari tempat yang direkomendasikan , maka tinggal ketik aja di kotak  pencarian Google misalnya,” villa di Garut, wisata di Garut,dan lainnya yang relefan dengan layanan akomodasi, maka sang  Search Engine itu akan langsung mengindex dengan cepat dan menginformasikan semua URL (Uniform Resources Locator),atau nama Website yang muncul. Dari sana,anda atau calon wisatawan dapat langsung browsing memilih berbagai macam akomodasi yang ditawarkan.
Dari contoh di atas,maka dapat disimpulkan beberapa kegunaan mesin telusur atau Search Engine  bagi para calon wisatawan:


  •        Mendapatkan Informasi Yang Cepat dan Tepat
Pola perubahan masyarakat ,termasuk wisatawan saat ini lebih kritis,cepat dan tanggap dalam memilih sebuah pilihan destinasi. Pencarian lokasi yang belum dikenal,akan mudah terindex lewat search engine dan langsung mendapatkan informasi yang cepat dan akurat.
  • Berbagai ulasan tentang hotel dan akomodasi,seperti yang pernah dipaparkan akan cepat mudah di dapat hingga tamu atau wisatawan akan cepat mengambil keputusan dalam memilih tujuan wisata.

Demikian,beberapa manfaat dari mesin telusur dalam mempermudah informasi bagi wisatawan mendapatkan kebutuhan akomodasi sesuai dengan rencana. Di samping itu, upaya yang harus diupayakan oleh sebuah hotel dan team E-Commerce sebuah hotel adalah bagaimana agar properti nya dapat muncul di mesin pencarian website tersebut hingga lebih dikenal oleh umum terutama oleh wisatawan hingga meningkatkan penjualan hotel tersebut.