Copy code snippet Situ Bagendit ,Situ Legendaris Yang Tetap Laris ~ KaGaroet

Situ Bagendit ,Situ Legendaris Yang Tetap Laris

rekreasi air situ Bagendit Garut

Berwisata ke kota Garut anda tidak akan kehilangan moment dan tujuan karena di Garut berbagai daerah tujuan wisata dapat anda temukan,mulai dari wisata kuliner,adventure,heritage hingga wisata alam.Untuk kali ini,kami akan mengajak anda untuk mengenal lebih dekat dengan obyek daerah tujuan wisata Situ Bagendit. Situ (Bahasa Sunda) atau setu merupakan danau yang membentang berukurang kecil,yang berada di antara bukit-bukit dan merupakan sumber resapan air.
Letak Sutu Bagendit berada di desa Bagendit,Kecamatan Banyuresmi,kurang lebih berjarak 5 Km dari pusat kota Garut ke arah timur laut,atau jika anda berada di kawasan akomodasi Cipanas,dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit, melalui alun-alun Tarogong,belok  kiri dan terus menuju ke arah kecamatn Banyuresmi di sebelah timur kota Garut,Akses jalan ini,bila diteruskan,akan langsung menuju kecamatan Limbangan,bertemu dengan jalan raya Bandung-Banjar –Pangandaran.
Obyek wisata Situ Bagendit,merupakan obyek wisata yang sangat familiar sejak tahun 20-an,ketika pariwisata Garut banyak dikunjungi oleh turis mancanegara zaman colonial.Kini,obyek ini menjadi favorit tujuan wisata keluarga baik yang berasal dari sekitar Garut,Bandung bahkan dari Jabotabek. Luas Situ Bagendit sekitar 10-50 hektar,dengan bentangan alam yang cukup indah dan asri,karena situ ini memang dikelilingi oleh perbukitan dengan pemandangan Gunung Talaga Bodas,Gunung Cikuray dari kejauhan. Secara administratif,kawasan Situ Bagendit merupakan milik Pemkab Garut, dengan pengelolaan teknis dikelola oleh UPTD Bagendit,di bawah Dinas Pariwisata Daerah Kabupaten Garut.
Karena Situ Bagendit merupakan wisata air,maka tentu fasilitas rekreasi yang ditawarkan merupakan sarana rekreasi air seperti perahu angsa,sepeda aiar,rakit dengan harga sewa Rp.20000 sekali dayung untuk durasi 15-20 menit.Selain itu disekitar lokasi wisata,terdapat pula sarana rekreasi lain seperti kereta mini dengan tarif Rp.2000-5000,untuk satu kali putaran. Terdapat pula fasilitas umum lainnya,terdapat pula kios-kios ,kamar mandi dan mushola dan sarana parker kendaraan .
Untuk masuk ke obyek wisata Situ Bagendit,pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam,karena tiket masuk ke kawasan wisata ini cukup murah. Harga tiket untuk dewasa Rp.3000 dan untuk anak-anak dikenakan tariff Rp.2000,sedangkan untuk tiket parker kendaraan roda empat jenis minibus dikenakan tariff Rp.6000 dan Rp.3000 untuk kendaraan roda dua. Tingkat kunjungan wisatawan ke Situ Bagendit cukup ramai terutama pada akhir pekan atau libur nasional.Mengingat obyek ini merupakan obyek wisata yang boleh dibilang merakyat,dan cukup terjangkau oleh semua kalangan. 
obyek wisata situ Bagendit Garut

Namun,ada pemandangan yang memang perlu diperbaiki di obyek ini yaitu  kios-kios dan warung-warung yang tidak tertata dengan baik sehingga mengganggu visibilitas pengunjung menikmati obyek situ nya itu sendiri. Maka peran pemerintah terutama UPTD Bagendit dan Disparda Garut dituntut keseriusan untuk menata  sarana dan prasarana dan meningkatkan pelayanan usaha wisata di sini. Selain itu,yang lebih penting lagi adalah peran masyarakat sekitar destinasi wisata dalam upaya meningkatkan kesadaran beriwisata,agar pengunjung nyaman dan aman menikmati obyek wisata Situ Bagendit ini.Untuk para pengunjung dan wisatawan yang tengah berwisata di Garut,dan mencintai alam dan legenda,Obyek Daerah Wisata Situ Bagendit tetap menjadi referensi yang layak dikujungi.