Soto Ahri,Legenda Soto Garut


Soto Ahri Garut



Soto. Ya,siapa yang tidak kenal dan pernah merasakan makanan berkuah nusantara yang satu ini? Hm,tentu hamper semua masyarakat Indonesia sangat menyukai kuliner  ini.Berbagai daerah memang memiliki  kuliner soto dengan berbagai cirri khas dan rasa. Seperti Soto Bandung,Soto Lamongan,Soto Betawi ,Coto Makasar dan lain-lain.
Nah,untuk soto yang satu ini,Garut memiliki legenda kuliner soto yang kaya rasa,lezat dan banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Garut,namanya Soto Haji Ahri.  Soto yang sudah berdiri sejak tahun 1943 ini selalu saja penuh oleh pengunjung baik hari biasa terutam jam istirahat kantor  apalagi di penghujung minggu (weekend).Maka tidak heran jika  jam buka Soto Ahri ini sangat terbatas,karena laris manis.
Apa sih yang membedakan soto Ahri dengan soto-soto lainnya di Garut atau di daerah lain? Pengalaman penulis yang telah mencicipi kuliner ini memang langsung dirasakan. Soto Ahri,memang merupakan soto dengan isi cincang daging sapi. Namun,rasanya memang penuh aroma rempah yang pas, ditambah kuah santan asli yang kental dan bumbu kuning dengan kunyit asli.Taburan bawang goreng dan kacang kedele menambah aura semangkok soto yang dibandrol Rp.15.000-20000 ini  memang layak diburu. Cincang daging sapi sangat lembut dan mudah dicerna. Satu mangkok Soto Ahri dengan rasa yang khas dijamin akan mengugugah selera kuliner anda ketagihan,apalagi jika disajikan dengan emping melinjo sangat pas.
Soto Ahri Legenda Garut

Jika anda berkunjung ke Garut dan bosan dengan menu-menu hotel, kami sarankan untuk mencoba Soto Ahri legendaries ini.Namun disarankan anda menikmatinya di siang hari. Saat ini  ada tiga cabang Soto Ahri di Garut. Pertama di daerah Jagal,atau daerah jalan Mandalagiri,lokasi dekat dengan pasar Baru Garut,namun anda jangan berfikir jika lokasinya di sebuah komplek ruko.Tempat ini adalah legenda,tempatnya di gang sempit ukuran sekitar 2 x 4meter.Untuk cabang ini biasanya tutup pukul 13.00. Cabang kedua di jalan CImanuk,menuju arah alun-alun Garut,posisi sebelah kanan jika anda dari arah Cipanas.Untuk cabang Cimanuk Soto Ahri  tutup samapi jam 15.00. Nah jika anda kelewat dan tidak kebagian untuk mencicipi di dua cabang ini,tenang, masih ada satu lagi Cabang Soto Ahri di Jalan Pembangunan,tepatnya depan kantor bupati Garut.
Jadi ,penasaran ingin mencicipi lezatnya Soto Ahri? Datanglah beriwisata ke Garut.Selamat berlibut.

0 comments:

Post a Comment