Copy code snippet Stasiun Cibatu:Dari Sini Sejarah Wisata Garut Dimulai ~ KaGaroet

Stasiun Cibatu:Dari Sini Sejarah Wisata Garut Dimulai

Sumber Photo: Wikipedia (Collectie Tropenmuseum Treinen Op het Station van Tjibatoe West Java)

Menyusuri keindahan destinasi wisata Garut,tidak luput dari sejarah yang pernah mengharumkan nama kota ini hingga melahirkan julukan Switzerland van Java,atau Swiss Van Java. Bukti sejarah itu adalah stasiun kereta api Cibatu yang terletak di kecamatan Cibatu pada ketinggian 612 Mdpl. Menurut catatan pemerintah Jawatan Kereta Api  (dulu) kini PT KAI, jalur yang menghubungkan Cibatu-Cikajang, merupakan jalur tertinggi kereta api di pulau Jawa.Dibangun pada tahun 1889 oleh Straatspoorwagen,maksapai perusahaan kereta api milik pemerintah Hindia Belanda,bersamaan dengan dibukanya jalur kereta api Cicalengka-Cilacap.
Stasiun Cibatu merupakan stasiun yang mempunyai sejarah dalam perkembangan pariwisata di Garut.Setasiun ini merupakan primadona pemberhentian para wisatawan dari Eropa yang hendak berlibur di wilayah Garut. Haryoto Kunto,penulis buku Seabad Hotel Grand Preanger 1897-1997,menuliskan jika pada periode 1935-1940 banyak taksi dan limousine yang dimiliki oleh hotel-hotel di Garut kala itu terparkir di halaman setasiun Cibatu yang siap mengantar para wisatawan berkeliling kota Garut. Pada saat itu Garut,merupakan destinasi wisata favorit petinggi dan kaum borjouis Eropa. Catatan penting lainnya yang sangat membuat kagum,bahwa kala itu sudah berdiri hotel-hotel berbintang di wilayah Garut.Hotel Papandayan,Villa Dolce,Hotel Belvedere,Hotel Bagendit,Hotel Van Hengel,Villa Pautine dan hotel Grand Ngamplang. Ini adalah bukti jika Garut tempo dulu menyimpan sejarah penting dalam peta destinasi wisata di Indonesia,khususnya Jawa Barat. Diyakini,jika  pada periode inilah muncul sebutan Swiss Van Java,hingga menjadi julukan untuk Garut sampai kini. Catatan lainnya yang menjadi bukti bahwa banyak tokoh-tokoh dunia yang pernah singgah di Garut dan turun di stasiun Cibatu Garut,sperti tokoh comedian bisu Charlie Chaplin dan Perdana Menteri Perancis Georges Clemenceau (1906-1909)dan (1917-1920).Pada periode kemerdekaan tercatat Presiden Soekarno pernah turun di stasiun Cibatu ini,dalam rangkaian perjalanan menggunakan kereta api menuju jalur selatan.
Betapa banyak catatan sejarah dari kota ini,Garut dan salah satunya berawal dari setasiun Cibatu,Garut.Stasiun ini kini masih ada dan melayani perjalanan ke berbagai daerah,dan masuk kedallam wilayah operasi Daop II PT KAI. Namun,hal yang dirindukan kembali adalah dibukanya kembali jalur kereta api Cibatu-Cikajang,yang melintasi kota Garut,karena dari sinilah semua sejarah wisata Garut bermula.