Copy code snippet Tips Berwisata Hemat dan Tepat ~ KaGaroet

Tips Berwisata Hemat dan Tepat



berlibur

Merencanakan sebuah perjalanan wisata memang gampang-gampang susah.Meskipun persiapan dana dirasa cukup,akan tetapi memilih destinasi wisata yang tepat sesuai selera belum tentu pas. Berlibur memang perlu minimal sekali dalam satu tahun.Ini yang perlu dicontoh oleh kita melihat  tourist asing yang berkunjung ke Indonesia.  Persiapan mereka matang,analisa dan menabung untuk liburan akhir tahun.Tujuannya tidak lain untuk menyegarkan kehidupan,menghilangkan stress dan mendapatkan pengalaman dari kehidupan suatu daerah asing. Berlibur tidak harus mahal dan jauh,namun tetapkan tujuan yang sesuai dengan target dan budget.
Berikut beberapa tips berlibur yang dapat anda terapkan dalam perencanaan
1.       Melakukan Survey Destinasi
Memilih destinasi adalah bukan yang hanya didasarkan pada  trend  yang sedang booming.Biasanya sebuah destinasi wisata baru banyak diekspose di media untuk menarik daya kunjung.  Para wisatawan pada awal hanya ingin tahu dan mencoba apa sih keistimewaan sebuah destinasi yang sedang heboh di media.Selanjutnya,wisatawan itu sendiri akan merasakan kelebihan dan kekurangan sensasi destinasi wisata tersebu,bisa jadi ketagihan atau tidak kembali lagi. Menganalisa sebuah destinasi wisata,tidak hanya akomodasi saja,seperti hotel  setempat yang pas dengan anggaran,nyaman dan bersih,namun perlu dicari juga apa yang menjadi daya tarik di tempat yang akan dituju,seperti wisata kuliner,pusat belanja, pertunjukan seni dan lain-lain.Hal ini penting agar liburan menjadi berkesan dan tidak monoton. Saat ini banyak travel online dan social media yang mengulas berbagai destinasi wisata.Anda tinggal membaca dan membandingkan kekurangan dan kelebihan satu sama lain.Setelah mengetahui cukup banyak tentang daerah tujuan wisata ,diskusikan dengan keluarga ,pasangan atau rombongan untuk mendapat kesepakatan.
2.           Mempersiapkan Budget
Langkah yang satu ini nyaris sangat penting,yaitu menyiapkan dana yang mencakup biaya    akomodasi,transportasi dan konsumsi selama anda berlibur. Pilihlah sarana akomodasi sesuai dengan tujuan anda berlibur dan jumlah peserta,misalnya jika tujuan anda honeymoon bersama pasangan,maka lebih baik pilihlah private villa yang nyaman dan membuat makna honeymoon anda lebih berkesan.Tentunya cukup memilih villa dengan satu tempat tidur ukuran king size. Bila liburan anda bersama keluarga di atas empat orang,maka pilihlah hotel atau bungalow yang dapat menampung satu keluarga anda.Tentunya akan lebih meminimalkan dana berlibur anda hingga bisa mengalokasikan untuk hal lain. Pilihlah akomodasi yang dekat dengan destinasi wisata lainnya,seperti dekat dengan pusat kota,wisata kuliner atau industry kerajinan,seperti halnya di kota Garut.
sibentang privat villa

3.       Hindari Membawa Barang Berlebihan
Sebagai praktisi hotel,penulis sering kali melihat para tamu yang hendak berlibur atau menginap di sebuah hotel atau resort membawa barang-barang sangat banyak,seperti hendak pindah rumah. Padahal lama tinggal di hotel rata-rata 1,5 malam saja.Penulis seringkali mendapatkan tamu ,terutama dari segment family membawa berbagai macam keperluan seperti bantal,travel bag yang besar,pelampung dan lain-lain. Saya kira ini tidak perlu dilakukan karena semua fasilitas itu sudah disediakan oleh pihak hotel. Cukup pakaian pengganti, gadget,uang cash ,kartu ATM atau kartu kredit yang ada bawa. Semua kebutuhan sudah bisa dicover bila anda mempersiapkan dana yang cukup.Selain praktis juga tidak merepotkan,toh tujuan berlibur untuk mencari kesenangan bukan?
4.       Memilih Waktu Berlibur
Memilih  waktu berlibur di waktu high season atau musim liburan akan berdampak pada biaya perjalanan dan akomodasi yang lebih tinggi.Karena hokum supply dan deman yang berlaku.Pada saat itu permintaan akan kamar hotel dan paket tur meningkat,maka harga pun cenderung lebih tinggi. Ini akan berpengaruh kepad dana yang telah dipersiapkan. Maka,memilih waktu berlibur di luar musim liburan akan lebih baik. Selain biaya akomodasi yang lebih murah,transportasi dan perjalanan yang  cenderung lebih lancar dan nyaman.Begitu pula dengan sarana wisata akan lebih lengang daripada musim liburan.Biaya bisa ditekan seminimal mungkin.
5.       Mencari Penawaran Menarik/Promo
Hotel-hotel biasanya akan menawarkan promo khusus pada waktu low season atau musim yang sepi.Anda dapat memanfaatkan promo tersebut dengan baik untuk menambah musim libur atau lama tinggal di hotel.Promo buy one get one atau buy two get one, dan tawaran kartu kredit dengan diskon khusus dapat membantu menekan biaya liburan anda
6.       Memilih Tour Operator Profesional
Bagi anda yang memang tidak mengetahui sebuah destinasi wisata dengan baik dan malas untuk mengatur sendiri paket tur,anda dapat memilih tour operator atau travel guide yang professional dan memahami nilai hospitality juga product knowledge dari sebuah destinasi wisata. Namun,anda jangan tergiur dengan promo  dan harga  paket yang ditawarkan.Telitilah dengan seksama mengenai tour operator tersebut secara baik,jangan sampai liburan anda justru mengecewakan. Solusi lain,anda dapat menggunakan jasa staff hotel yang memahami seluk beluk daerah wisata di mana anda saat itu hendak berlibur. Ini akan lebih nyaman dan lebih akrab karena perbedaan grooming ,dan sikap seorang hotelier setidaknya akan lebih berbeda dari sisi hospitality manner.Selain itu anda tidak akan dipatok berapa besaran fee guide.
7.Cintailah Destinasi Wisata Indonesia
 Indonesia sangat kaya dan indah oleh  berbagai destinasi wisata. Banyak daerah yang belum terjamah dan belum diekspose media yang sesungguhnya lebih menarik dari wisata di luar negeri.Jang tergiur dengan wisata ke luar negerimeskipun itu hak anda. Namun alangkah lebih baiknya jika kita mengangkat nama baik wisata Indonesia agar lebih dikenal mancanegara.Selain itu kita telah ikut menyumbangkan devisa bagi pembangunan pariwisata Indonesia. Banggalah dengan keindahan alam Indonesia.

0 comments:

Post a Comment