Copy code snippet 5 Tips Wisata Ala Backpacker ~ KaGaroet

5 Tips Wisata Ala Backpacker

bcakpacker style

Istilah backpacker tentu sudah tidak asing lagi bagi pecinta travelling atau penikmat wisata. Kata backpacker pengertian awalnya adalah  perjalanan menggunakan ransel di punggung,kemudian kata backpacker  muncul dengan pengertian lain yang mempunyai arti yaitu orang  atau sekelompok orang yang melakukan perjalanan dengan bujet minim.
Meskipun  pengertian backpacker mengacu kepada persolan mengelola perjalanan dengan bujet minim, namun seorang backpacker tidak lantas menunjukkan status social  ekonomi yang minim pula,justru saat ini para the have yang cenderung menyukai petualangan dan pengalaman baru menyukai gaya berwisata model ini.Dengan kata lain,model wisata ala backpacker  sudah bergeser kea rah gaya hidup dalam berpetualang. Seorang backpacker ditantang untuk lebih survive dan tahan kondisi di tengah bujet wisata yang minim.
Nah apa saja yang harus diperhatikan oleh seorang backpacker agar menjadi seorang backpacker yang sukses dan berhasil menaklukan tantangan berwisata? Berikut kami  tuliskan 5 Tips  Liburan ala backpacker yang perlu diperhatikan.

1     Kenali Lingkungan Tujuan Perjalanan
Melakukan perjalanan ke suatu tempat dengan konsep backpacking setidaknya akan memerlukan eksplorasi lebih tentang daerah yang dituju. Bagi traveler yang baru pertama kali merencankan perjalanan ke daerah tertentu yang masih asing,terlebih dahulu adalah mengenali lingkungan sekitar.Lingkungan tersebut termasuk budaya,adat istiadat setempat,pantangan,kuliner,alam sekitar termasuk hewan liar yang mendominasi habitat tertentu misalnya jenis ular atau binatang berbisa lainnya. Yang terakhir adalah sangat perlu apabila akan melakukan perjalanan ke alam terbuka. Mempersiapkan pengenalan lingkungan destinasi perjalanan adalah hal penting agar kita mempunyai persiapan jika terjadi hal-hal tidak diinginkan.Termasuk dalam point ini adalah melakukan survey tentang moda transportasi yang murah dan aman ke daerah tujuan dan alternative transport dan biaya-biaya umum lainnya.

2    Jangan Packing Berlebihan
Sesuai pengertian awal,seorang backpacker harus siap hanya dengan membawa satu ransel di punggung.Harus diperhatikan,bahwa kita akan melakukan perjalanan dengan konsep santai,relaks,minim budget dan yang jelas harus siap dengan zona tidak nyaman.Jangan membawa barang berlebihan dalam beberapa tas. Cukupkan 1 carier dengan ukuran 30-45 liter agar tidak terasa berat. Susun rapih semua pakaian yang akan dipakai sesuai dengan musim dan daerah yang dituju. Usahakan membawa pakaian yang multi guna agar tidak banyak berganti-ganti pakaian. Selain itu persiapkan peralatan P3K,obat-obatan,kacamata,sunblock,raincoat,matrass dll dalam satu ransel.
carrier

    
 3.Mempersiapkan Biaya Tak Terduga
Bujet minim bukan berarti kita tidak mempersiapkan bujet cadangan untuk sesuatu hal     yang terduga.Merencanakan plan A &B dalam sebuah perjalanan ala backpacker tetap harus dilakukan. Situasi dan kondisi diluar sana tidak terduga dan mempersiapkan dana cadangan diluar budget utama adalah hal penting.

4.Menyiapkan Alat Komunikasi dan Komunikasi
Ada pepatah dalam rumus traveller yang berbunyi,”jangan mengambil sesuatu kecuali photo,jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak dan jangan menyimpan sesuatu kecuali kenangan,”. Pepatah itu benar adanya dan seperti menjadi sebuah pakem yang mesti dipatuhi oleh para traveller dan backpacker. Membawa alat komunikasi yang siap pakai dan  alat dokumentasi seperti kamera adalah hal penting untuk mengabadikan setiap moment perjalanan anda.

5. Membuat Rencana Perjalanan (Itenerary)
Hal penting lainnya adalah membuat rencana perjalanan atau dalam istilah travel disebut itinerary.Meskipun terkesan seorang backpacker adalah pelancong tanpa tujuan,namun membuat jadwal perjalanan adalah hal yang harus direncanakan. Waktu dan skala prioritas adalah isi dari itinerary ini. Jika seorang backpacker merencankan perjalanan selama 3 hari, maka harus disusun sebuah itinerary dari mulai keberangkatan dan kepulangan. Fungsi ini adalah agar kita focus terhadap rencana dan yang utama adalah budget yang telah disusun sesuai dengan rencana.
Kelima tips di atas adalah merupakan langkah perencanaan yang harus diperhatikan agar perjalanan anda berlibur ala backpacker sukses dan mengesankan.



           

0 comments:

Post a Comment