Copy code snippet 7 Manfaat Air Panas Alami Bagi Kesehatan ~ KaGaroet

7 Manfaat Air Panas Alami Bagi Kesehatan





Indonesia memang kaya dengan destinasi wisata pemandian air panas,terutama di pulau Jawa karena memang dipenuhi dengan rangkaian gunung api yang menjadi sumber mata air panas bumi.Untuk destinasi wisata air panas di Priangan Timur, di mana lagi tempat wisata air panas jika bukan di Cipanas ,Garut.
Berwisata ke Garut tidaklah komplit jika tidak mengunjungi kawasan wisata dan pemandian air panas.Ya,sejak dulu kawasan wisata Cipanas Garut termasyhur dengan  sumber mata air panas alami yang mengalir dari kaki Gunung Guntur. Air panas alami memang sangat berbeda dengan sumber air panas buatan.Air panas yang berasal dari panas bumi memiliki sumber mineral tinggi yang sangat berguna untuk kehidupan dan kesehatan manusia seperti sulfur,alkalin,zat besi dan lain-lain..Sejak dulu masyarakat telah memanfaatkan khasiat air panas alami sebagai sarana terapi dan penyembuhan berbagai penyakit. Zat-zat yang dikandung oleh air panas alami dipercaya mempunyai berbagai macam khasiat bagi tubuh. Berendam di pemandian air panas dalam waktu dan saat tertentu menurut beberapa penelitian merupakan sarana ampuh mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ini beberapa khasiat berendam di air panas alami:


1.Detoksifikasi
 Berendam di air panas alami pada rentang waktu 10-20 menit dan pada suhu sekitar 33-37 Derajat Celcius berkhasiat untuk membuka pori-pori kulit sehingga racun dalam tubuh  lebih mudah dikeluarkan.Selain itu berendam di air panas pada suhu tersebut berguna melancarkan peredaran darah,menurunkan kadar gula darah dan mengurangi sakit otot.
2.Mengobati Reumatik dan Penyakit Tulang
Bagi anda yang mempunyai keluhan sekitar penyakit tulang,nyeri otot,reumatik dan asam urat,berendam di air panas alami dipercaya mengurangi keluhan sakit.Ini karena suhu air dan kadar mineral yang meresap ke dalam tubuh  dan diserap oleh tulang-tulang. Sebagai mana diketahui,salah satu yang sering menimbulkan resiko penyakit tulang dsb adalah karena faktor cuaca dan suhu dingin.Memanfaatkan suhu air panas alami adalah sarana yang pas untuk mengurangi resiko tersebut.
kolam air panas alami

3. Mengobati Infeksi dan Penyakit Kulit
 Penyakit kulit seperti eksim,gatal-gatal dan ruam pada kulit diakibatkan oleh bakteri dan kuman pada kulit.Terapi berendam di air panas alami dipercaya dapat mengurangi keluhan tersebut apabila dilakukan secara teratur dan pada temperature yang pas. Hal ini karena air panas alami mengandung kadar sulfur atau belerang yang sangat berguna sebagai antiseptik atau pembunuh kuman.
4. Mengurangi Stress
 Anda stress? Otot kepala tegang karena beban hidup dan permasalahan lainnya? Cobalah menyempatkan waktu berkunjung ke tempat pemandian air panas sambil berwisata. Berendam kepala dan badan anda sekitar 10-20 menit pada suhu 30-35 derajat C akan bermanfaat untuk mengobati ketegangan otot karena stress.
5. Mengobati Insomnia
Insomnia atau penyakit gangguan susah tidur berkaitan dengan ketegangan otot dan otak atau stress tadi.Terapinya adalah berendam kaki pada air panas alami sekitar 10-20 menit.Cara ini berfungsi untuk mengurangi ketegangan otot dan melancarkan peredaran darah dari arah bawah ke otak.Fungsinya sebagai media relaksasi otot untuk mendorong rasa ngantuk dan mudah tidur.
6. Mengobati Flu dan Sakit Kepala
Berendam kaki dan tubuh dalam air hangat mampu menurunkan gejala flu dan sakit kepala. Setelah selesai beberapa menit,basuhlah badan dengan air dingin. Lakukan hal ini sekitar 10-20 menit.
7. Memperlancar Sirkulasi Darah
Berendam di air panas alami secara rutin berguna untuk melancarkan sirkulasi darah di tubuh.Ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena darah mengalir lanacr ke seluruh organ tubuh vital seperti jantung,paru-paru,liver dan lain-lain.
Masih banyak lagi manfaat berendam di air panas alami. Jadi,ini saatnya berwisata sambil melakukan perawatan kesehatan tubuh.