Berlibur Ke Pantai Santolo Garut

wisata Santolo



Sebagaimana pernah diulas, bahwa Garut memang memiliki potensi wisata  yang beragam sehingga dijuluki Gurilaps yang artinya gunung,rimba,laut ,pantai seni dan budaya. Untuk destinasi laut dan wisata pantai,Garut memiliki potensi wisata pantai yang bentangan garis pantainya cukup panjang yaitu sekitar 80 km yang membentang dari Cijayanti hingga Leuweung Sancang.
Salah satu pantai yang terkenal adalah Pantai Santolo, yang terletak di Desa Cigadog, Kecamatan Cikelet  Kabupaten,Garut. Santolo sendiri adalah sebuah pulau kecil yang terletak di seberang sungai Cilauteureun,yang artinya adalah air laut yang berhenti mengalir. Fenomena alam yang sangat unik dan langka ketika air laut yang semestinya air sungai yang mengalir ke laut namun di Cilauteureun,anda akan melihat hal yang sebaliknya. Air laut mengalir ke sungai dan bertemu dengan aliran sungai dan berhenti di sebuah muara.Konon fenomena ini hanya ada di dua tempat,yaitu di Garut dan di Perancis.
Berlibur ke Pantai Santolo yang letaknya di pantai Selatan Garut. Dapat ditempuh perjalanan kurang lebih 3,5 jam dari Garut kota dengan jarak tempuh sekitar 88 KM. Rute perjalanan menuju ke Pantai Santolo yang utama bila anda sedang berada di Garut adalah rute Garut-Cikajang-Pameungpeuk. Rute perjalanan ini sangat melelahkan sekaligus mengasyikan, karena anda dapat menyaksikan pemandangan gunung,bukit dan lembah yang cukup indah. Namun tidak perlu khawatir dengan akses jalan,karena jalur menuju ke Pantai Santolo melewati Cikajang ini  cukup luas dan relative mulus. Suasana sepanjang jalan  pegunungan yang sejuk terlebih jika anda memasuki kawasan kebun teh di Cikajang .Kemudian melewati hutan yang bernama gunung Gelap di wilayah Cisompet, anda harus mulai waspada jika berkendaraan sendiri. Tikungan tajam dan curam di sekitar gunung Gelap ini sangat banyak dan rawan longsor. Disarankan bila melewati jalur ini dilakukan pada siang hari agar aman dan nyaman.
Memasuki wilayah Pamangpeuk anda akan mulai merasakan suasana keramaian kota ,di sini tersedia berbagai mini market,pom bensin,rumah makan dan peristirahatan.Beberapa meter dari pusat kota terdapat pertigaan penunjuk arah. Ke sebelah timur menuju arah Sancang dan Miramare dan ke sebelah barat,atau arah kanan menuju Panatai Santolo.Menuju ke arah pantai  terdapat  pos retribusi masuk kawasan. Retribusi menuju pantai Santolo relative murah sekitar Rp.3000 per orang. Tidak jauh dari pos retribusi,terdapat juga pusat  uji peluncuran roket milik LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional).

Kegiatan Di Pantai Santolo
Meskipun belum cukup dikenal sebagai obyek wisata pantai sekelas Pangandaran,pantai Santolo kini mulai banyak dikunjungi wisatawan baik dari Jakarta,Bandung,Cianjur dan Garut sendiri. Pada hari –hari libur, pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Berbagai kegiatan wisata air dapat dinikmati dengan tariff tertentu.Terdapat wahana banana boat,slider boat dan perahu. Di sekita bibir pantai dapat dijumpai tempat-tempat kuliner terutama kuliner seafood dan kelapa muda. Bila anda berencana bermalam,anda dapat menyewa wisma dan kamar-kamar yang disewa dengan tarif sekitar Rp.150.000-Rp.200.000 per malam.
jasa sewa perahu di Santolo

Menikmati pantai Santolo, tak lengkap rasanya jika anda tidak menikmati keindahan dermaga Santolo yang terkenal unik meyerupai terowongan-terowongan kecil. Dermaga ini dibangun sejak zaman Belanda. Di sinilah terdapat muara Cilauteureun tersebut. Pemandangan yang eksotis sangat pas untuk berfotodan mengabadikan moment indah di sini. Menuju ke dermaga ini,anda harus menyeberang dengan jasa perahu yangs siap mengantar anda ke seberang menuju pulau Santolo. Tarif sewa perahu hanya Rp.2000 per orang untuk sekali menyebrang.
Selanjutnya anda dapat menyaksikan pantai Santolo yang menghampar pasir putih yang memanjang dari barat ke timur dengan deburan ombak pantai selatan .Terdapat juga batu-batu dan karang yang cukup unik bentuknya.Dari arah pantai ini anda akan melihat dermaga pantai Santolo yang menjadi ikon Pantai Santolo itu. Dermaga yang menyerupai gorong-gorong masih kokoh berdiri dengan arus Cilauteureun yang mengalir ke arah sungai. Abadikanlah moment dengan latar belakang dermaga Santolo ini,snagt eksotis.
Bagi wisatawan yang hendak bermalam di pulo Santolo menunggu sunrise keesokan harinya, jangan khawatir,karena di sini terdapat penyewaan kamar. Atau apabila anda ingin berkemah,terdapat juga area camping di area ini. Anda juga tidak perlu khawatir akan kelaparan hehe,karena di sekitar dermaga Santolo ini banyak rumah makan dan warung kuliner lainnya dengan menu utama ikan,cumi dan udang selain menu umum lainnya.Soal gadget anda yang perlu di recharge, di sini ada juga jasa sewa charge HP. Nah,jadi sekarang bertambah lagi destinasi wisata di Garut sebagai sumber referensi jika anda hendak berlibur ke kawasn Garut.

wisata pantai  santolo Garut




0 comments:

Post a Comment