Copy code snippet Empat Manfaat Traveling dan Piknik ~ KaGaroet

Empat Manfaat Traveling dan Piknik



relax,piknik

Bekerja terus menerus tanpa punya waktu untuk liburan , bukan hal yang baik bagi kondisi pikiran kita. Itu sebabnya di setiap perusahaan , karyawan diberikan jatah cuti dalam setahun kurang lebih 12 hari. Maka memanfaatkan waktu cuti ini penting untuk refresh daya pikiran dan jiwa yang pada akhirnya akan menumbuhkan kembali produktivitas setelah liburan. Pikiran yang sehat,segar dan bahagia sangat mempengaruhi tingkat produktivitas seseorang dalam bekerja. Salah satu pendorongnya adalah melakukan traveling dan piknik ke daerah-daerah wisata. Sesibuk apapun aktifitas bekerja, memanfaatkan waktu cuti untuk piknik  adalah hal yang baik karena  beribur mempunyai beberapa manfaat.
1.      Mengurangi Stress
Beban aktifitas pekerjaan ,target , tenggat waktu dan hal-hal lain mendorong kondisi pikiran kita mudah stress. Jika kondisi ini dibiarkan,maka akan menurunkan tingkat kekebalan tubuh yang akhirnya mendatangkan sakit.Kondisi ini tentu akan menurunkan produktifitas kerja. Maka, jika kita merasa dalam kondisi maka kita membutuhkan suasana yang mampu menyegarkan kondisi pikiran kita yaitu dengan piknik. Piknik ke daerah wisata alam,baik pantai atau pun pegunungan  yang sejuk dan tenang akan membuat suasana hati lebih nyaman dan segar.Dalam suasana ini,sejenak kita melupakan beban-beban pikiran dan biarkan pikiran mendapatkan asupan nutrisi yang segar sehingga kembali menjadi fresh saat pulang dan kembali kepada rutinitas.
2.      Meningkatkan Produktifitas
Ibarat komputer yang terus menerus dipakai,lama-lama akan hang apabila tidak di refresh. Inilah ibaratnya pikiran manusia yang kurang piknik. Orang akan cenderung lelah,bosan dan pada akhirnya mengeluh tentang pekerjaannya.
Penelitian beberapa ahli di Universitas Pittsburgh menunjukkan bahwa orang yang melakukan traveling mengalami kecenderungan sikap yang lebih berenergi,senang dan merasa puas.Hal ini turut berpengaruh terhadap produktifitas baik dalam bekerja maupun dalam aktivitas lain. Orang yang jarang piknik mengalami kecenderungan dalam pengambilan keputusan yang buruk.
3.      Menjadi Lebih Kreatif
Tidak jarang,banyak pekerja seni dan kreatif yang mendapatkan ide nya diluar kantor atau di belakang meja kerjanya. Ide dan kreatifitas itu akan muncul dari kondisi otak dan pikiran yang segar bukan yang buntu. Kesegaran  pikiran dan perasaan adalah sebuah harmoni yang banyak di dapat dari alam terbuka salah satunya dari tempat wisata atau tempat liburan lainnya. Maka dari itu, para pekerja seni dan industri kreatif sering membuat agenda tahunan bahkan bulanan tentang destinasi wisata mana yang akan dikunjungi sebagai sarana mencari ide-ide segar.
4.      Menjadi Lebih Bahagia
Dalam sebuah penelitian Universitas di Belanda,yang diambil 1.500 responden dewasa,menunjukkan sebuah indikasi bahwa orang yang sering berlibur cenderung lebih merasa bahagia daripada yang tidak. Walaupun ini bukan menjadi sebuah barometer kebahagiaan seseorang,setidaknya menunjukkan sebuah keadaan perasaan dan jiwa yang lebih segar setelah melakukan liburan.Wajar saja,karena orang yang melakukan liburan baru saja melepaskan kepenatan yang selama ini dirasakan di lingkungannya.