5 Hal Yang Wajib Dilakukan Saat Liburan di Garut

alun-alun Tarogong Garut
Alun-alun Tarogong Garut

Berkunjung ke kota Garut ,tidaklah istimewa jika hanya berada di hotel dan menikmati suasana dan fasilitas hotel di mana anda menginap.Anda tidak akan mendapat pengalaman dan sesuatu yang menarik jika anda tidak keluar dan melakukan aktivitas wisata di kota wisata ini. Jika anda mempunyai waktu yang cukup cobalah melakukan eksplorasi wisata baik wisata belanja,kuliner,wisata budaya atau wisata petualangan. Ini lah 5 hal yang wajib anda lakukan saat berada di kota Garut.
1.Berendam Air Panas
 Sejak dulu Garut terkenal dengan obyek wisata air panas yang terletak di kawasan wisata Cipanas. Kawasan ini pada awalnya merupakan pusat terapi air panas yang banyak dikunjungi berbagai kalangan sehingga mendorong usahawan untuk membuka sarana akomodasi hotel ,wisma dan villa. Cipanas sangat terkenal karena sumber air panas yang mengalir dari kaki gunung Guntur. Kadar keasaman (pH) air panas di sini cenderung normal dan kandungan belerang yang minim hingga tidak perih di mata dan cocok untuk kesehatan kulit. Berbagai pemandian umum dan  kolam renang yang dikelola berbagi hotel banyak di sini,salah satunya kolam renang di kawasan hotel Sumber Alam yang banyak diminati kalangan karena nyaman suasananya. Begitu pula di Sibentang Villatel,setiap type villa di lengkapi dengan kolam renang air panas yang nyaman dan sangat privasi..
Ada juga pemandian umum air panas Ciengang,yang melimpah dengan air panas. Disarankan jika anda akan berendam lebih baik di sore hari atau malam hari agar suasana pas dengan suhu air.Di musim liburan pemandian ini sarat pengunjung yang hendak berendam air panas.
kolam renang air panas sibentang villa

2. Sentra Industri Kulit Sukaregang
 Siapa yang tidak tahu jika Garut sejak dulu adalah penghasil kerajinan kulit yang sudah terkenal ke mancanegera?Ya,pasti tahu dengan pusat kerajinan kulit di Garut yaitu yang terletak di sentra kulit Sukaregang. Letaknya di sepanjang jalan Jend. Ahmad Yani,yaitu  ke arah sebelah timur dari alun-alun kota Garut. Jika anda hendak berkunjung ke sana dan kebetulan menginap di sekitar hotel di kawasan wisata Cipanas,cobalah menggunakan jasa andong yang diparkir di halaman hotel Sumber Alam . Pengalaman akan terasa berbeda dibanding jika anda menggunakan mobil atau kendaraan pribadi.
Di sentra kulit Sukaregang,anda akan menemukan berbagai outlet kerajinan kulit yang asli dibuat oleh para pengrajin kulit kota Garut. Berbagai produk barang berbahan baku kulit seperti jaket,tas,dompet,ikat pinggang,gantungan kunci,topi,sepatu,sandal dapat anda temukan di sini. Harga bervariasi tergantung bahan dan kualitas kulit yang dipakai. Berbagai produk industri kulit dari wilayah ini banyak di supplai ke berbagai kota besar seperti Bandung,Jakarta,Batam,Medan,Surabaya bahkan ke Negara Asean. Pada akhir pekan dan libur panjang kawasan ini menjadi tempat wajib wisatawan yang berkunjung ke Garut. Lihat saja,berbagai plat mobil yang parkir di kawasan ini,kebanyakan berasal dari luar kota Garut
seperti Jakarta,Bekasi,Bogor,Tangerang,dan Bandung. Jadi jika anda tengah berkunjung ke Garut,luangkanlah sejenak untuk mengunjungi sentra kulit Sukaregang .
pusat industri kulit sukaregang


3. Sentra Kerajinan Batik Garutan dan Akar Wangi
 Khusus untuk para pecinta fashion dan mode atau juga para pengusaha pakaian berbahan dasar batik, Garut juga merupakan sentra industry kerajinan batik . Batik dari kota Garut mempunyai istilah batik Garutan dengan berbagai motif dan warna yang lebih berani seperti motif domba garut,merak ngibing, rereng ampel,turih oncom dan motif kawung ece. Permainan warna untuk batik garutan cenderung lebih cerah seperti warna merah,hijau,kuning dan krem.Batik garutan mempunyai kelebihan lain yaitu merupakan batik tulis yang memerlukan ketelatenan dan kecermatan juga daya seni tinggi.
Bila anda hendak mengunjungi sentra batik,anda dapat temukan di sekitar jalan Otista,Tarogong,jalan Pembangunan,dan Jalan Papandayan. Beberapa outlet batik yang sudah cukup punya nama seperti RPG,Batik Rasya,Batik Sirung .Mengenai harga produk batik garutan ini variatif sesuai bahan baku,motif dan pengerjaan.
Selain batik Garutan,produk industri kerajinan yang terkenal dari Garut adalah akar wangi. Pusat kerajinan akar wangi yang terkenal yaitu Zocha yang terletak di Jalan Pakuwon, dekat dengan alun-alun kota Garut. Jika hendak menuju ke sini,yaitu melewati jalan Ahmad Yani terlebih dahulu,lalu masuk jalan ke arah Jl Pakuwon No 10. Silahkan memilih berbagai produk kerajinan berbahan baku akar wangi di sini.

4. Wisata Belanja Oleh-Oleh dan Kuliner Garut
Berbelanja  oleh-oleh khas suatu daerah wisata adalah sesuatu hal umum yang dilakukan wisatawan dan traveler. Demikian juga jika anda mengunjungi kota dengan julukan swiss van java ini.Berbagai oleh-oleh khas Garut dan Priangan umumnya dapat anda jumpai di sekitar jalan Otista tepatnya di sekitar alun-alun Tarogong. Aneka bentuk makanan khas seperti dodol Garut mendominasi di seluruh outlet sepanjang jalan ini,Sebagaimana diketahui memang tidak afdol jika tidak membeli dodol Garut. Kini dodol Garut dijual dengan berbagai macam varian rasa dan bentuk yang unik,harga variatif sesuai ukuran dan kualitas. Selain itu sejumlah penganan lain seperti kerupuk kulit (dorokdok),keripik,burayot,permen susu dan lain-lain layak anda beli  di sini. Bila anda hendak pulang menuju arah Garut, di sepanjang jalur menuju tanjakan arah Leles anda dapat menemukan kios-kios penjual jeruk Garut yang melegenda.
Waktu makan siang tiba,saatnya anda lebih masuk ke dalam kota Garut.Cobalah menyantap makanan Soto Ahri yang legendaris.Tempatnya ada di sekitar Jagal,Jl Mandalagiri,Jalan Cimanuk dan di Jalan Pembangunan.Soto Ahri memang layak dicoba karena cita rasa dan resep soto yang luar biasa dari soto pada umumnya.
aneka ragam dodol garut

5. Berkunjung ke Candi Cangkuang
Jangan pulang sebelum mengunjungi candi Cangkuang.Salah satu ikon wisata Garut adalah adanya candi Cangkung di daerah Kadungora Garut.Candi Cangkuang merupakan satu-satunya candi peninggalan zaman hindu di Jawa Barat,meskipun terakhir ditemukan juga candi di sekitar Karawang,namun pamor candi Cangkuang lebih dulu dikenal oleh masyarakat luas. Jika anda hendak pulang,akses menuju ini dapat sekalian anda lewati karean berada sekitar 2 KM dari  alun-alun Kadungora.
Wisata candi Cangkuang merupakan satu paket destinasi wisata dengan kampung adat Pulo yang letaknya di tengah situ Cangkuang.di dalam nya terdapat 6 rumah yang sejak dulu tidak bertambah dan tidak berkurang karena merupakan rumah adat.Didiami oleh enam kepala keluarga asli keturunan leluhur Kampung Pulo. Menuju Kampung Pulo dan Candi Cangkuang terlebih dulu harus menyebarangi situ Cangkuang dengan jasa penyebrangan rakit yang telah disediakan.Jadi cobalah meluangkan waktu sebelum pulang atau sebelum memasuki kota Garut ke sini.
Demikian 5 Hal wajib yang harus anda lakukan saat berwisata di  Garut.selamat berlibur.







2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete