Macam-Macam Dodol Garut

aneka dodol garut



Jika seseorang bertanya tentang kota Garut,”Apa yang  terkenal dari kota ini? Jawaban pertama yang disebut adalah “dodol Garut’. Ya,tentu saja siapa sih yang tidak mengenal kuliner khas yang satu ini? Merupakan ikon  kuliner  kota Garut yang sudah ada sejak tahun 1800an. Perkembangan usaha pembuatan dodol Garut mengalami pasang surut dalam sejarahnya.Namun berkat keuletan dan konsistensi para pengusaha yang tetap mempertahankan mutu dan kualitas,sampai saat ini usaha pembuatan dodol Garut tetap eksis hingga ke penjuru nusantara.Hampir di setiap pusat jajanan dan oleh-oleh banyak dijumpai penganan yang satu ini. Beragam dodol di tanah air ini,akan tetapi eksistensi dan kelezatan dodol Garut tetap menjadi barometer industry dodol dimanapun. Perkembangan teknologi,permintaan pasar dan kreatifitas terus berkembang dalam industry kuliner yang satu ini.Kini bila anda berkunjung ke Garut,anda tidak hanya akan menjumpai hanya satu jenis dodol saja.Sesuai dengan permintaan pasar,kini berbagai jenis dan kemasan dodol akan dijumpai di seluruh outlet oleh-oleh khas Garut. Berikut beberapa jenis  dodol Garut yang harus anda ketahui sebelum belanja oleh-oleh Garut:
 1. Dodol Original
Jenis dodol ini adalah jenis dodol dengan rasa  original atau’plain’ yang sering ditemukan.Dodol original berbahan dasar utama tepung ketang,gula merah,santan kelapa,garam dan sering juga ditambahkan wijen. Dodol original merupakan jenis dodol umum yang dikonsumsi sebagai oleh-oleh.
2. Dodol Varian Rasa
Tuntutan pasar dan upaya diversifikasi produk melahirkan kreatifitas dalam industry dodol. Maka para pengrajin dodol membuat berbagai varian rasa dodol yang  umumnya adalah rasa buah-buahan seperti rasa stroberry,nanas ,jambu durian.cocopandan dan blueberry.Menjelang bulan puasa,aneka rasa dodol yang mengalami permintaan cukup tinggi yaitu aneka rasa dodol rasa kurma.
3. Dodol Kertas Kombinasi
Dodol jenis ini dibungkus dengan kertas semi transparan,disebut juga dodol kombinasi karena biasanya ada kombinasi rasa susu dan coklat. 
 4.Dodol Wijen
  Bahan bakunya sama dengan dodol original dan dodol kertas,hanya ditambah dengan wijen.
5. Dodol Zebra
Disebut dodol zebra,karena kemasannya yang belang-belang menyerupai kuda zebra. Dibungkus dengan plastik transparan dan pada umunya mempunyai empat rasa,stroberi,pandan,nanas dan coklat
dodol zebra

6. Dodol Batik
Seperti dodol zebra,hanya dibungkus dengan kertas bermotif batik.Dodol batik mempunyai  rasa kacang,kacang ijo,pandan dan coklat.

Demikian beberapa macam dodol yang umumnya dijual di sentra oleh-oleh Garut.Tips buat pembeli agar pandai  memilih dan sebelum membeli hendaknya dicoba dulu.Setiap oulet oleh-oleh akan selalu memberikan izin calon pembeli untuk mencoba aneka dodol tersebut.Pandai-pandailah menawar,tentu sesuai dengan kualitas dodol yang dibuat.Selamat berbelanja oleh-oleh Garut.

 
 





0 comments:

Post a Comment