Copy code snippet Obyek Wisata Curug Orok,Garut ~ KaGaroet

Obyek Wisata Curug Orok,Garut



Wisata Air Terjun Curug Orok Garut

Sangat disayangkan jika para tamu dan wisatawan yang berkunjung ke Garut,hanya menikmati fasilitas hotel atau villa tanpa berkeliling untuk mengunjungi setiap sudut Garut yang sarat dengan obyek wisata. Terlalu banyak destinasi wisata indah  di kota ini yang layak untuk dieksplorasi. Salah satu Obyek wisata yang layak anda kunjungi adalah obyek wisata Curug Orok yang terletak di  Desa Kandang Kecamatan Cikajang,Garut.

Menuju ke kecamatan Cikajang,anda akan takjub dengan panorama alam yang kaya dengan hamparan kebun teh dan sayur mayur yang hijau. Wilayah ini memang terkenal subur karena daerah ini ada diantara dua gunung besar yaitu Gunung Cikuray dan Gunung Papandayan.Udara di sekitar Cikajang,Garut sangat sejuk dan dingin.
Obyek wisata Curug Orok  sebenarnya sudah cukup lama ada,namun karena keberadaannya kurang diekspose maka obyek wisata ini hanya dinikmati oleh warga sekitar Garut saja yang hendak menghabiskan liburan atau sekedar ‘botram’ (makan bersama).Seiring perkembangan informasi dan usaha pegiat wisata,tour guide,pramuwisata dan pemangku kepentingan,nama curug Orok mulai dikenal oleh wisatawan luar daerah. Seperti Bandung,Jakarta dan Bogor. Nama Curug atau Air Terjun Orok yang artinya bayi konon berasal dari cerita seorang ibu yang membuang bayi (Sunda:Orok) ke dalam air terjun ini hingga kemudiaan dinamakan Curug Orok. Terlepas dari benar atau tidaknya cerita itu,Curug Orok menjadi Obyek Destinasi Wisata Garut yang layak dikunjungi.
Menuju ke obyek wisata  Curug Orok tidaklah sulit karena akses jalan bagus dan lancar. Dari arah Garut kota,kendaraan dapat langsung menuju arah Cikajang di wilayah selatan Garut.Akses jalan ke Cikajang adalah merupakan jalan kabupaten yang cukup lancar. Pemandangan di sekitar daerah ini sangat indah dengan pemandangan Gunung Cikuray dan Papandayan di kanan kiri jalan. Dari ibu kota kabupaten Garut, perjalanan ke Curug Orok dapat ditempuh sekitar 1 Jam  perjalanan menuju arah Cikajang. Tepat di persimpangan Jalan Cikajang,anda ambil jalur kanan  menuju Cikandang melalui jalan yang berkelok indah yang dihimpit oleh hamparan kebun teh yang menyegarkan mata. Tak lama dari jalan raya Cikajang-Cisewu anda akan sampai di pintu gerbang selamat datang yanga da di sebelah kiri jalan.Kemudian akses jalan disambung dengan kondisi jalan berbatu yang membelah kebun the kurang lebih 500 meter dari jalan utama tadi anda akan samapi di pos penjagaan. Pos ini merupakan pos retribusi tiket menuju Destinasi Wisata Curug Orok,yang harganya Rp.12.000 per orang.Selanjutnya anda dapat memarkir kendaraan anda di tempat yang cukup luas.Untuk bus diperkirakan dapat menampung 5-10 bus dan untuk kendaraan pribadi jenis minibus,tempat parkir dapat menampung 50 kendaraan minibus.Biaya parkir yang dikenakan  adalah harga normal,itupun tanpa tiket ,artinya kesadaran pemilik kendaraan saja terhadap petugas parkir.
Di area masuk  tangga yang menurun menuju curug,terdapat fasilitas mushola, toilet,warung-warung dan penginapan berbentuk villa-villa kayu yang dapat disewa secara rombongan. Harga per malam Rp.500.000 dapat menampung sekitar 20 orang. Jadi bila anda datang bersama rombongan dan bermaksud menginap di sini, akomodasi ini dapat menjadi alternative.
Curug Orok terletak di lembah dari area parkir,dengan menuruni anak tangga yang jaraknya sekitar 300 meter ke bawah. Cukup melelahkan namun akan terbayarkan dengan deru suara air terjun yang mengalir dari ketinggian 45 meter,membelah batu menuju lembah hijau. Ada dua air terjun yang mengalir,yang satu air terjun utama dan yang kedua air terjun yang lebih kecil. Air terjun Curug Orok sangat jernih dan segar yang bersumber dari hamparan kebun teh dan sayuran di atasnya.
Lepas menikmati indahnya air terjun Curug Orok,anda dapat menikmati jajanan sederhana khas Sunda yang ada di warung-warung di tepi tangga menuju curug tadi. Dari arah sini  pengunjung tetap dapat menikmati pemandangan air terjun dan kebun sayuran yang indah sambil menikmati cemilan dan teh hangat. Nah,satu lagi obyek destinasi wisata di Garut menambah perbendaharaan referensi wisata anda di Garut. Selamat berlibur.

0 comments:

Post a Comment