Copy code snippet Mengenal Istilah Tipe Kamar Hotel ~ KaGaroet

Mengenal Istilah Tipe Kamar Hotel




Para tamu atau booker yang sering melakukan pemesanan kamar hotel mungkin sudah terbiasa mendengar nama tipe-tipe kamar hotel. Tiap hotel atau resort memang memiliki beberapa aperbedaan nama tipe kamar disesuaikan dengan kebutuhan,luas,view,peralatan dan lain-lainnya sehingga mempengaruhi perbedaan harga. Kebijakan manajemen hotel tentu bukan tanpa alasan memberikan nama tipe kamar. Namun dalam ilmu perhotelan memang sudah ada nama-nama tipe kamar hotel yang secara umum dipakai di hampir setiap hotel . Yuk kita rinci apa nama-nama tipe kamar hotel itu?

  • Standard Room

Tipe kamar ini merupakan tipe yang paling standard dalam kategori kamar hotel.Luas kamar standar umumnya skitar 30M2. Fasilitas kamarnya pun standar seperti tempat tidur,kamar mandi,televisi.Lokasi kamar standar umumnya di paling bawah dari floor yang ada dengan pemandangan biasa.Harga kamar umumnya paling murah dari tipe kamar yang  ada.

  • Superior Room

Sesuai namanya,tipe superior memiliki luas diatas type standard.Bisa dikatakan tipe ini lebih baik dari jenis Standard.Luas kamar dan letaknya cukup baik dan nyaman,demikian harganya diatas harga Standard.

  • Deluxe Room

Jenis kamar ini levelnya satu tingkat diatas standard dan superior room,meskipun beberapa hotel mengklasifikasikan kamar ini di bawah superior. Namun umumnya tipe kamar ini memang kategorinya diatas kedua tipe sebelumnya. Luas kamar sekitar 40M dengan fasilitas yang lebih lengkap.Ditambahkan minibar,coffee maker,hairdryer dll.Letak jenis kamar ini umumnya diatas lantai Superior hingga tamu dapat menikmati pemandangan yang lebih enak dan nyaman.




  •        Suite Room

Jenis kamar ini dari segi harga memang lebih mahal,dari mulai jutaan hingga puluhan bahkan ratusan juta rupah.Tipe kamar  ini sering digunakan oleh tamu ‘the have’ yang ingin mendaptkan pelayanan lebih. Fasilitas Suite Room lebih lengkap dari Standard,Superior,dan Deluxe. Luas ruangan tipe ini ada yang sampai 200-300 M2.Ruang tidur dan ruang tamu di pisah dengan menggunakan furniture terbaik. Dalam satu lantai hotel,biasanya jumalah tipe kamar ini tidak banyak dan terletak di ujung lantai dengan pemandangan yang lebih terbuka,sehingga tamu bisa menikmati keindahan area sekitar hotel.

  •  Executive Suite

Untuk tipe kamar ini biasanya di gunakan oleh tamu VIP. Letak kamar Club & Executive biasanya berada di satu lantai khusus dan perlu akses khusus untuk ke lantai ini dan tamu lain tidak bisa menuju kamar  Executive Suite. Letaknya di lantai paling atas, sehingga tamu melihat pemandangan lebih luas. Pelayanan untuk tipe kamar ini berbeda dari tipe lainnya. Di depan kamar ini/koridor menuju kamar ini dilayani oleh Receptionist khusus, pelayanan breakfast atau dinner khusus dan pelayanan check in dan check out dipermudah.

  • Twin Bed, Double Bed, dan Family

Sering terjadi perbedaan persepsi antara tamu atau booker hotel mengenai istilah kamar berdasarkan jumlah ranjang (bed).Oleh karena itu perlu diluruskan mengenai istilah ini:
Twin Bed:
Adalah kamar yang berisi 2 ranjang single yang ukurannya hampir sama,mka istilah twin ini muncul.Tamu yang menginap umumnya menginginkan tidur yang terpisah satu sama lainnya.

Double Bed:
Double di sini adalah kamar yang berisi ranjang ukuran king size,hingga dapat ditiduri oleh 2 orang.Umumnya tamu tipe ini adalah ‘couple” pasangan,baik family atau honeymooner. Jadi perlu diperhatikan istilah double disini adalah bukan 2 ranjang satu kamar akan tetapi satu ranjang besar untuk 2 orang.

Family Room
Type kamar ini umumnya terdiri satu double bed dan satu single bed. Diperuntukan untuk family atau tamu yang membawa keluarga/Anak. Maka istilah Family room inilah muncul untuk tipe kamar ini.

Demikian beberapa istilah tipe kamar hotel yang layak diketahui sebelum anda melakukan reservasi kamar hotel.Pastikan dengan jelas jumlah orang atau bed yang diinginkan agar tidak salah pilih dan terjadi complain pada saat anda check in.