Tips Mudik Lebaran Aman dan Lancar



navigation

Moment Lebaran dalam tradisi umat Islam di Indonesia adalah merupakan moment yang sangat din anti. Selain merupakan hari besar, saat ini merupakan saat di mana orang melakukan budaya pulang kampung dari kota  tempat merantau ke kampung halaman atau yang lazim di sebut mudik.
Mudik ke kampung halaman dalam keadaan bersamaan membuat jalan-jalan ramai dan nyaris macet ditambah jarak tempuh dan lamanya  perjalanan seringkali membuat suasana dan kondisi tubuh capek dan stress. Selain itu bil mudik menggunakan kendaraan pribadi,terkadang kondisi kendaraan tidak bersahabat yang akhirnya membuat rencana mudik terganggu. Nah, agar mudik lancar ,aman dan nyaman berikut kami berikan tips mudik aman dan nyaman saat lebaran

  • Persiapkan Kondisi Tubuh

Sebelum mengecek kondisi kendaraan hal yang pertama dipersiapkan tentu adalah kondisi tubuh kita. Kondisi fit saat membawa kendaraan selama perjalanan berpengaruh terhadap keselamatan berkendaraan. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat dan jangan dipaksakan dengan alasan apapun. Ingat bahwa keselamatan adalah yang utama daripada segalanya. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap tiga atau empat jam.

  • Persiapkan Daftar Barang

Sebelum berangkat mudik, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Lakukanlah ini sebelum anda melakukan packing. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.Jangan terlalu membawa barang bawaan yang banyak yang membuat bobot kendaraan menjadi tidak seimbang.

  • Mengecek Kondisi Kendaraan

Mengecek kondisi kendaraan sama pentingnya dengan mengecek kondisi tubuh.Kendaraan adalah tulang punggung perjalanan Anda. Oleh karena itu, pastikan kendaraan anda apakah mobil atau motor siap digunakan untuk perjalanan jauh. Sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan  ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh.
Mengecek kondisi kendaraan termasuk di dalamnya adalah mengecek perlengkapan kendaraan,alat bantu darurat,dan bila perlu mempersiapkan spareparts cadangan untuk kondisi yang darurat. Persiapkan juga surat-surat penting dan nomor layanan darurat yang dapat dihubungi.

  • Persiapkan Peta Dan Aplikasi Online

Mengetahui jalur mudik dan jalur alternative bila terjadi kemacetan sangat penting dalam kondisi seperti ini. Berlama-lama macet di jalur tanpa tahu akses alternative sebelumnya sangat memakan waktu. Oleh karena itu,penting mengetahui titik-titik kemacetan melalui aplikasi map online yang saat ini sudah banyak di download di  smartphone anda

  • Persiapkan P3K dan Obat-obatan

Point ini penting diperhatikan oleh setiap pemudik. Kondisi tubuh dipengaruhi oleh faktor makanan dan cuaca. Maka mempersiapkan obat-obatan umum sperti obat pegal, obat sakit kepala, oabat masuk angin dan krim anti pegal ,plester,betadine dan lain-lain penting ada di dashboard kendaraan anda.

  • Alat Komunikasi dan Hiburan

 Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin Anda hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur anda dan keluarga dari kebosanan. Patikan tape kendaraan anda dapat memutar perangakt hiburan seperti CD atau flashdisk lagu-lagu yang dapat menghibur suasana. Bila anda sedang membaca buku,tidak salahnya menjadi teman penghibur anda selagi macet.Selain itu,jangan lupa membawa alat komunikasi,hp atau smarthpone juga siapkan power bank untuk jaga-jaga jika kondisi batere handphone anda drop agar komunikasi tetap lancar.
Demikian beberapa tips persiapkan mudik aman dan nyaman.Selamat Berlebaran.

0 comments:

Post a Comment