Copy code snippet Tips Wisata Saat Puasa ~ KaGaroet

Tips Wisata Saat Puasa


Menjalankan ibadah puasa tidak menjadi penghalang aktivitas berlibur yang sudah direncanakan sebelumnya. Bagi para Traveler yang sedang melaksanakan puasa hal ini bisa menjadi tantangan menarik bila memang tetap harus berpuasa  di sela-sela kegiatan perjalanan wisata.Nah, agar liburan tetap nyaman selagi anda berpuasa ,ada baiknya menerapakan beberapa tips yang berguna sebagai panduan berlibur anda di tengah aktivitas ibadah puasa,antara lain:
1.      Pada saat sahur,sebelum keberangkatan, konsumsilah makanan yang sehat dan memiliki nutrisi serta gizi yang tinggi . Selain itu tidak salahnya ditambah dengan konsumsi vitamin guna menjaga stamina traveler agar tetap bugar pada saat mengunjungi tempat-tempat wisata yang telah ditentukan. Untuk travele yang tidak berpuasa, bawalah makanan yang praktis yang dapat dikonsumsi selama perjalanan.Ingat,bahwa untuk beberapa daerah wisata ada aturan ketat pemerintah setempat agar resto,cafĂ© dan warung-warung makan hanya diperbolehkan buka menjelang buka puasa. Hal ini tentu menjadi perhatian traveler yang tidak menjalankan puasa agar tetap menyiapkan logistic seperlunya.
2.    Dalam suasana religius,tidak salahnya Traveler yang  tetap berpuasa membawa perlengkapan ibadah seperti sajadah,mukena dan sarung,Alquran dan buku-buku saku doa-doa. Hal ini tentu bertujuan agar wisata lancer,ibadah pun lancar.
3.   Jika terpaksa harus berbuka disaat perjalanan, siapkanlah air mineral,minuman ringan atau snack untuk penghilang dahaga dan lapar sementara.Orang yang sedang “safar” atau melakukan perjalanan jarak menengah dan jauh,hal ini dapat keringanan syari untuk membatalkan puasa apabila memang diperlukan. Namun alangkah baiknya jika Traveler bias menahannya sampai kumandang adzan maghrib agar mendapatkan suatu kepuasan yang luar biasa.
4.     Pilihlah kegiatan wisata yang bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan nilai-nilai spiritual. Wisata religi, mengunjungi tempat sejuk dan indah ,dapat merangsang  rasa keimanan kepada sang Pencipta. Selain itu anda dapat pula memilih akomodasi yang menyediakan paket religi selama bulan suci Ramadhan.
5.  Hindari melakukan kegiatan wisata yang melelahkan, dan bias menguras energy.Hal ini karena Traveler tengah menjalankan puasa,jadi akan membuat kekeurangan asupan energy apabila melakukan aktivitas liburan yang ekstrim dan menantang seperti outbound dan kegiatan petualangan alam lainnya. Akibatnya,niat berpuasa  di sela liburan akan tidak optimal dan dapat membatalkan puasa
6.  Banyak-banyaklah bersedekah untuk menolong sesama di bulan yang penuh berkah ini. Selama perjalanan menuju destinasi wisata tentu akan dijumpai orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Budget sedekah yang kita sisihkan tidaklah seberapa dengan budget perjalanan wisata yang telah dirancang sebelumnya.
Berwisata,beribadah dan bersedekah,menjadi sebuah kolaborasi aktivitas yang indah bila dilakukan dengan ikhlas.Selain mendapat pengalaman dan pengetahuan, Traveler juga tetap bias beribadah dengan tenang hingga wisata dan perjalanan Traveler menjadi ibadah pula. Puasa lancar, wisata nyaman.
     


0 comments:

Post a Comment