Copy code snippet Aroma Kopi Garut Yang Mendunia ~ KaGaroet

Aroma Kopi Garut Yang Mendunia


Kota Garut,selain terkenal dengan obyek destinasi wisata yang terbilang komplit di tatar Priangan,akhir-akhir ini namanya semakin berkibar di kalangan penikmat kopi (coffee lover) baik lokal,nasional hingga mancanegara. Siap sangka, diantara berbagai varietas kopi dunia, kopi Garut ternyata memiliki nama tersendiri di kalangan coffee lover. Dengan  lansekap pegunungan yang mengelilinginya,Garut memiliki potensi perkebunan dan industry coffee terutama jenis Arabica. Jenis coffee yang satu ini lebih banyak dinikmati oleh penikmat coffee karena aroma yang khas, kadar cafein kecil ,biji kopi lebih kecil dibandingkan dengan jenis Robusta.
Bukan tanpa sebab, jenis Arabica memang cocok tumbuh pada dataran tinggi kisaran 750-1500 mdpl. Dan lansekap kabupaten Garut yang merupakan dataran tinggi dan dikelilingi pegunungan seperti Cikuray,Gunung Papandayan,Gunung Guntur, Karacak  , menjadi salah satu sebab kenapa jenis kopi ini tumbuh baik di sini. Sedangkan untuk jenis Robusta lebih banyak di temukan di sekitar Garut selatan yang mendekati dataran rendah.

Jenis kopi Garut yang sedang digandrungi oleh barista-barista kelas dunia adalh jenis Preanger Coffee.Ketika jam kolonila Belanda dengan sitem Culture Stelsel (tanam paksa),komoditas kopi ini menjadi incaran kolonial hingga melakukan tanam paksa kopi (preanger Stelsel). Kini jenis kopi Garut, semakin harum mendunia,seharum wangi kopinya yang mempunyai sensasi lain dari kopi-kopi pada umunya.
Nah untuk para coffee lover dan travelkler yang sedang berkunjung ke Garut, kini dapat anda jumpai kedai-kedai kopi Garut di sepanjang suduat kota Garut, berikut beberapa yang dapat anda kunjungi:

1. Kedai Kopi Karoehoen-Jalan Raya Cimanuk,Pedes
2. Kopi Ipo-Jalan Ahmad Yani,Pengkolan dan Anarto Mall
3.Kopilogi-Jalan Cikuray Regol,Garut
4 Kopi Talkie-Jalan Siliwangi dan Jalan Suherman-Ciateul,Garut
5. Penyoe Kakopi-Jalan Raya Samarang,Hampor
6. Anasteca Kopi-Jalan Raya Cimanuk, Alphmart Cimanuk
7.Toast Ngopi-Jalan Papandayan,Regol

Selain kedai kopi ada juga roastery yang cukup terkenal
1. Raoseun Coffee-Jl Teladan No 19 (Rel-Loji)
2 Mahkota Kopi-Bayongbong

Jadi, tunggu apalagi,berwisata ke Garut selain menikmatidestinasi wisatanya dan akomodasi yang kaya air panas alami anda juga dapat menikmati  harumnya aroma  Kopi Garut,

0 comments:

Post a Comment