Copy code snippet Nyaneut Festival,Membumikan Tradisi MinumTeh Ala Cigedug,Garut ~ KaGaroet

Nyaneut Festival,Membumikan Tradisi MinumTeh Ala Cigedug,Garut


Nyaneut Festival. Ya, helaran festival budaya yang berbasis upacara tradisional minum teh  ini akan kembali di gelar di kabupaten Garut pada tanggal 4 November 2017. Acara akan berlangsung di lapangan Situgede,Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut. Cigedug merupakan sebuah  desa yang berlokasi di sekitar lereng gunung Cikuray,akses ini dapat ditempuh melalu jalur Garut -Cikajang,kurang lebih 45 menit dari kota Garut.
Festival Nyaneut kali ini adalah yang ke  3 kalinya sejak pertama diselenggarakan tahun 2014. Meski demikian, tradisi upacara minum teh ini sudah ada sejak tahun 1842.
Nyaneut, adalah istilah bahas Sunda, berupa tradisi minum teh disertai kudapan ringan tradisional. Karena biasanya  tadisi nyaneut ini  dilakukan menjelang malam hari untuk mengusir hawa dingin yang memang terasa sekali sejuk di daerah ini.
Menurut penggagas acara  sekaligus budayawan Garut, kang Dasep Badrussalam, upacara Nyaneut dimulai,ketika ilmuwan Belanda bernama Karel Frederic Hole, mulai membuka perkebunan teh di sekitar Cigedug dan Bayongbong, Garut Selatan sejak abad 19. Belakangan, hasil teh dari daerah ini dikenal memiliki kualitas sangat baik karena ditanam di dataran tinggi yang pas.
Selain itu,festival Nyaneut,juga akan menampilkan berbagai pergelaran Seni dan Budaya Buhun (lama) ,kolaborasi musik etnis, wayang golek,kacapi lawak dan kaulinan barudak tempo dulu (permainan jadul).
Festival Nyaneut 2017 ini akan dihadiri lebih dari 500 undangan, 5000 seniman dan 10000 masyarakat dan relawan juga penonton dari berbagai kalangan. Sebagai  helaran budaya, Festival ini dimaksudkan untuk membumikan tradisi luhur nenek moyang Garut, desa Cigedug khususnya, menumbuhkan nilai kearifan lokal sekaligus  menjadi ajang destinasi wisata Garut.
Bagi,anda yang ada agenda berwisata ke Garut, ini adalah moment tepat untuk ikut menghadiri pergelaran akbar ini.

0 comments:

Post a Comment