Jenis-Jenis Hotel Berdasarkan Lokasi


Hotel didefiniskan sebagai suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersil serta memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah.Hotel bermacam-macam jenisnya tergantung type dan jenis pelayanan yang diberikan.
Dilihat dari lokasi di mana hotel itu berada, hotel dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis:

1.City Hotel
   Adalah hotel yang terletak di dalam kota, di mana sebagian besar tamunya yang menginap melakukan kegiatan bisnis.Hotel jenis ini umumnya selain menjual kamar,juga menjual fasilitas ruang meeting untuk kegiatan MICE 
(Meeting,Incentive,Conference dan Exhibition).Dilihat dari jenis kegitannya,city hotel termasuk pula jenis business hotel.Kegiatan ramai terutama pada hari weekdays,dimana segment tamu aberasal dari businessman corporate atau pemerintahan yang melakukan kegiatan MICE tadi.

2. Resort Hotel
   Resort hotel adalah hotel yang terletak di kawasan wisata, di mana sebagian besar tamu yang menginap tidak melakukan kegiatan usaha akan tetapi lebih bertujuan untuk berlibur. Resort hotel banyak ragamnya yaitu: mountain hotel, beach hotel,lake hotel, hill hotel dan forest hotel.Dewasa ini ada terobosan baru berupa hotel bergantung, yang terletak diketinggian bukit sekitar 300-400 M,seperti yang sekarang ada di Gunung Parang,Purwakarta.Segment hotel resort pada umumnya adalah individual dan family yang bertujuan untuk berwisata (leisure)



3. Suburb Hotel
   Suburb hotel adalah hotel yang lokasinya di pinggiran kota, yang merupakan kota satelit yakni pertemuan antara dua kotamadya.Umumnya merupakan jenis transit hotel untuk tamu-tamu yang melakukan perjalanan jauh. Di Amerika Serikat,hotel jenis ini lebih dikenal sebagai motel ,dimana jenis kamar bergandengan dengan garasi untuk kendaraan.

4. Urban Hotel
    Urban hotel adalah hotel yang berlokasi di pedesaan dan jauh dari kota besar at au hotel yang terletak di daerah perkotaan yang baru yang tadinya pedesaan.

5. Airport Hotel
   Airport hotel adalah hotel yang berada dalam satu kompleks bandara atau pelabuhan udara. Keberadaan airport hotel sangat membantu bagi para wisatawan atau tamu yang akan berkunjung ke suatu tempat wisata atau bisnis sebelum melanjutkan perjalanannya. Dewasa ini beberapa jaringan hotel besar telah membangun hotelnya di sekitar bandara untuk memenuhi kebutuhan akomodasi.
Demikian beberapa klasifikasi hotel berdasarkan lokasinya, meskipun demikian jenis hotel dapat digolongkan berdasarkan kasifikasi tingkatan bintang, faktor tujuan pemakaian dan berdasarkan faktor daya jual dan perencananaan penjualan (hotel plan usage),yaitu American Plan atau European Plan.