Copy code snippet Lima Tips Nyaman Berwisata Ke Garut ~ KaGaroet

Lima Tips Nyaman Berwisata Ke Garut

Pemandangan Gunung Cikurai,Garut Yang Elok

Sudah menjadi berita publik bagi para wisatawan jika Garut memiliki banyak pesona destinasi wisata yang layak dikunjungi. Dari mulai destinasi adventure kawah,camping, air terjun,air panas, kuliner,seni dan budaya juga wisata industri.Jadi sangat disayangkan jika wisatawan yang berkunjung ke Garut ,hanya memanfaatkan lama tinggal di Garut atau hanya 2 hari 1 malam saja. 
Pemerintah Kabupaten Garut,dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bekerjasama dengan pelaku wisata dan praktisi perhotelan sepakat untuk mendorong lama tinggal wisatawan di Garut. Untuk itu diperlukan upaya yang sinergi untuk memberikan rasa aman, nyaman dan betah  pagi para wisatawan.
Memang, beberapa saat ke belakang telah viral di sosial media mengenai keluhan para tamu yang berkunjung ke Garut, mulai dari issue mahalnya masuk destinasi,kemacetan dan aksi-aksi yang mengganggu privasi dan kenyamana wisatawan. Namun hal tersebut hanyalah terjadi karena oknum-okunum yang tidak bertanggungjawab dan bukan bagian dari pelaku industry wisata. Berkerjasama dengan Kepolisian Resort Garut dan para praktisi wisata Garut,semua dapat ditangani dan diberi arahan sesuai undang-undang yang berlaku.
Namun, bagi para wisatawan yang hendak berwisata ke Garut dan sekitarnya, hendaknya tak usah khawatir dan ragu dengan hal-hal dan issue tersebut ,untuk itu hendaknya dipersiapkan beberapa hal berkenaan dengan wisata Garut.
Beberapa tips di bawah ini dapat menjadi referensi untuk persiapan berwisata ke Garut yang nyaman



1.Membawa kendaraan pribadi  & Cek Kondisi Kendaraan
   Membawa kendaraan sendiri baik mobil maupun motor tentu akan lebih berbeda.Waktu dapat ditentukan oleh kita mengenai jam kedatangan dan keberangkatan. Anda juga tidak merasa terburu-buru hingga dapat mengatur jam istirahat di beberapa rest area.Selain itu dengan memabwa kendaraan pribadi anda berkesempatan untuk eksplorasi beberap spot indah di Garut.
Sebelum bepergian tentunya,jangan lupa mengecek kembali kondisi kendaraan anda agar prima saat melkukan perjalanan.

2. Booking Akomodasi Lebih Awal
   Melakukan pemesanan kamar di daerah wisata di Garut,seperti Cipanas memang agak susah jika harus mepet alias last minute. Beberapa hotel ternama di Cipanas,Garut seperti Sumber Alam Resort dan Sibentang Private Villa selalu fully book pada saat weekend atau hari libur. Jadi kami sarankan untuk booking jauh-jauh hari.Melakukan booking di online booking tentu akan lebih mudah,karena hampir seluruh hotel dan akomodasi di Garut sudah bekerjasama dengan online travel agent.

3.Bekerja Sama dengan Travel Organizer
  Jika anada hendak melakukan perjalanan wisata ke spot-spot terkenal di Garut, kami sarankan anda memilih lokal guide atau tour organizer yang profesional. Dengan semangat hospitality,tentunya mereka berbeda dengan tour guide yang asal-asalan. 
Garut memiliki banyak sekali komunitas tour guide yang terhimpun dalam HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia), ITGA (Ikatan Travel Garut). Selain itu anda dapat bekerjasama dengan tour/travel organizer dari berbagi komunitas seperti Melong Garut,Jelajah Garut,GarutTrip, HDG dan lain. Jika anda berencana melakukan aktifitas petualangan di Garut, anda dapat berhubungan dengan staff hotel untuk dapat kontak mereka atau langsung kontak ke akun sosmednya.
Berpetualan dengan menggunakan jasa mereka,akan mendapatkan pengalaman dan bimbingan informasi dan dokumentasi yang baik .Selain itu anda dapat menyusun rencana perjalanan sesuai jadwal dan mereka akan membantunya.Tentunya ada fee profesional yang perlu anda persiapkan.Perjalanan terasa aman,nyaman dan bermakna.

4. Cobalah Bermalam Lebih Lama
  Jika biasanya anda berkunjung hanya dalam satu malam saja, cobalah tinggal lebih lama minmal 2 malam. Anda akan dapat feel nya ,wisata ke Garut itu seperti apa.Jika bosan menyantap makanan yanga da di hotel anda dapat menikmati berbagai kuliner tradisional khas Garut atau ngopi-ngopi cantik di kedai kopi Garut yang banyak terdapat di sudut kota Garut.

5. Mengunjungi Pusat Kerajinan Kulit

  Point 5 ini sebenarnya, lebih kepada saran saja. Jika ke Garut tidak berbelanja kerajinan kulit khas Garut yang ada di daerah sepanjang jalan Jend.Achmad Yani,Sukaregang, rasanya tidaklah afdol. Sama jika anda tidak pulang tanpa membawa oleh-oleh dodol dan kerupuk kulit. Pandai-pandailah menawar dengan harga pas.Jika perlu bantuan guide tadi,akan lebih membantu proses komunikasinya.Intinya,jangan tampak seperti wisatawan dari jauh,ini psikologisnya saja. 

Nah beberap tips di atas setidaknya dapat membantu anda dalam merencankan liburan ke daerah Garut dan sekitarnya.Selamat berlibur dengan nyaman dan penuh kenangan.




0 comments:

Post a Comment