Berlibur ke Kampung Sumber Alam,Cipanas Garut


Garut memang sudah lama dikenal sebagai obyek destinasi wisata di Jawa Barat,terutama di Priangan Timur. Pariwisata Garut dikenal dalam literature sejarah dimulai sejak masa kolonial Belanda. Lansekap alam yang berbukit dan dikelilingi oleh pegunungan api menjadikan suasana dan hawa Garut sejuk dan cenderung nyaman. Itulah sebabnya kenapa para tuan tanah dan petinggi Belanda tempo dulu memberi julukan Garut sebagai Swiss Van Java.
Salah satu obyek destinasi wisata alam yang terkenal di Garut adalah Cipanas. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Garut. Jika anda memasuki kota Garut akan terpampang di sebelah kanan gunung api eksotis yang gundul, itulah Gunung Guntur. Di lereng Gunung Guntur itulah kawasan Cipanas berada.

Berbagai saranan akomodasi seperti hotel dan resort terkenal sejak dulu sudah berdiri seiring pesatnya perkembangan wisata. Melimpahnya sumber air panas alami,di daerah ini menjadikan setiap hotel maupun resort menjadikan air panas sebagai daya jual wisata. Salah satu resort yang dianggap pionir dalam mengelola sumber daya air panas adalah Sumber Alam Resort dengan taglinenya Garden Of Water. Namun sebelum rebrand, resort ini bernama Kampung Sumber Alam.Karena nuansa resort yang asri,nyaman dengan pemandangan khas bungalow yang berdiri di atas kolam-kolam air panas yang gemericik,menjadikan resort ini memang mempunyai daya  tarik berbeda.
Meskipun secara 'brand'nama resort ini kalah dengan resort lainnya,namun fakta terlihat jika Sumber Alam Resort memiliki loyal customer bahkan sampai generasi ke-3. Tingkat hunian di hari biasa (weekdays)pun cenderung bagus  untuk ukuran resort.
Memiliki 71 unit bungalows dengan 12 type kamar untuk berbagai kapasitas mulai dari kapasitas 2 orang bahkan sampai dengan kapasitas 18 orang. Nama-nama type kamar itu ialah Kawung,Bungalow Si Ceeh,Pondok Kelapa, Bungalow 1-14, Bungalow Arileu, Junior Suite, Suite Arileu,Suite Room,Suite Couple, Deluxe Suite,Babakan Siluhur 1 dan 2.
Mengenai rate kamar pun terhitung masih bersaing untuk ukuran resort. Dimulai harga Rp.600.000 sampai dengan Rp.8.800.000 per malam. Harga tersebut sudah termasuk sarapan pagi dan penggunaan fasilitas resort seperti kolam renang dan bathroom.

Sumber Alam resort,mempunyai luas sekitar 3 HA,dengan fasilitas Kolam Renang Air Panas, Bathroom,Spa,Restoran,Coffee House, Tegal Pangulinan dan fasilitas ruang meeting untuk berbagai kapasitas. Dalam periode liburan tahun ini,pengunjung Sumber Alam Resort cukup tinggi. Meski manajemen menetapkan harga lebih tinggi,namun diimbangi dengan pemberiaan fasilitas lainnya seperti paket dinner, paket memancing,jajanan pasar,kegiatan dan aktifitas liburan bagi putra-putri yang sifatnya edukatif.
Letak Sumber Alam tidak jauh dari gerbang kawasan Cipanas jika anda memasuki kota Garut,hanya kurang lebih 5 menit.Memasuki jalan Cipanas Baru.
Satu hal lagi,jika anda merencanakan berlibur ke Garut,dan menginap di Sumber Alam pada saat Weekend atau Hig Season,kami sarankan untuk melakukan pemesanan jauh-jauh hari.Maksimal 1 bulan sebelumnya.Ini memang fakta yang sering terjadi.Karena meskipun di Garut sudah banyak akomodasi bernuansa sejenis,Sumber Alam Resort memiliki keunikan tersendiri,yang menarik tamu untuk kembali lagi melewati lintas generasi.Entahlah,mungkinkah ini’given”?