Copy code snippet Geliat Wisata Kabupaten Garut ~ KaGaroet

Geliat Wisata Kabupaten Garut


Garut,kini menjadi destinasi wisata di daerah Priangan Timur yang semakin semarak dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kota yang sering di juluki Swiss van Java, yang pernah disinggahi pesohor dunia Charlie Chaplin pada dekade tahun 1920-an ini memang memiliki destinasi wisata yang cukup lengkap.
Dengan bentangan alam yang dibelah oleh aliran Sungai Cimanuk dan dikeliligi oleh gunung api yang tinggi seperti gunung Cikuray, Gunung Papandayan, Gunung Guntur dan Gunung Talagabodas ,Garut dijuluki sebagai Gurilaps yang berarti Gunung ,Rimba,Laut ,Pantai  Seni dan Budaya.
Geliat wisata Kota Garut yang juga kaya akan potensi wisata kuliner,kerajinan dan industri kulit dan batik khas Garut, semakin menjadi buruan para wisatawan yang datang pada hari-hari libur akhir minggu dan libur panjang seperti baru-baru ini. Pusat destinasi wisata ramai di serbu oleh pengunjung,begitu juga sarana akomodasi seperti hotel,wisma,dan penginapan kecil tak luput dari kunjungan wisatawan terutama obyek destinasi Cipanas yang sejak dulu terkenal dengan sumber air panas alamnya.
Melihat potensi itu maka,kini pemerintah,para stake holder dan praktisi wisata di daerah Garut,mulai berbenah menata segala sistem kepariwisataan di daerah-daerah tujuan wisata dalam rangka memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang datang ke daerah tersebut.Penataan sarana dan prasarana penunjang obyek wisata dan yang lebih utama adalah upaya meningkatkan kesadaran wisata bagi setiap warga di daerah wisata. Keluhan-keluhan pengunjung seputar pungutan liar mulai di benahi dan dilakukan penindakan yang tegas.
Namun demikian, secara keseluruhan Garut,yang menyimpan segudang potensi wisata adalah memang menjadi salah satu kota tujuan wisata selain Bandung dan Pangandaran ternyata masih perlu dieksplorasi.Obyek-obyek indah dan terselubung mulai digalakan promosinya.Dalam hal ini,peran beberapa komunitas seperti photography,penikmat kopi,traveller,tour guide sangat menunjang usaha dalam mengangkat obyek wisata lainnya. Destinasi wisata berbasis ekonomi kreatif seperti kuliner,kerajinan tangan akar wangi,batik Garutan, kerajinan kulit yang menunjang usaha wisata mulai dikemas dengan baik.
Jadi tunggu apa lagi? Hayu Ka Garut  dan nikmati semua potensi wisata yang ada di sini.