5 Kuliner Berbahan Dasar Aci Yang Paling Banyak Diburu

Orang Sunda memang dikenal kreatif dalam berbagai hal, termasuk kreatif dalam pengolahan kuliner yang berbahan dasar sederhana seperti aci. Aci  adalah istilah bahasa Sunda untuk tepung kanji, adalah tepung tapioka,yang berasal dari singkong. Berbagai kuliner khas Jawa Barat, banyak kita jumpai makanan dari bahan dasar aci ini dan kini semakin digemari oleh semua kalangan. Nah,akan halnya di kota Garut,jika anda menikmati wisata kuliner di kota Garut, sebaiknya anda juga tahu apa saja sih makanan recommended  dari aci ini yang paling banyak digemari? Ini dia pilihannya

1.Cilok
   Siapa yang tak kenal cilok? Orang Sunda memang pintar membuat istilah dan singkatan..he.he. Seperti halnya Cilok, yang artinya 'aci dicolok' artinya aci ditusuk. Ya, karena cara menyajikan cilok ini adalah dengan ditusuk emakai lidi atau bambu yang ujungnya tajam.Makanan berbahan dasar  aci ini merupakan makanan klasik tempo dulu yang kini masih banyak digemari dan dijajakan .Bahkan,jika dulu cilok ini dikenal sebagai makanan kampung,sekarang julukan itu tidak tepat lagi.Pasalnya, kini cilok sudah banyak di jajakan disentra kuliner modern dan lux seperti di mall dan resto terkemuka. Rasa dan teksturnya nya pun semakin bervariasi mengikuti selera pembeli.Namun rasa yang tetap banyak digemari adalah rasa pedas dengan saus bumbu kacang. Isi nya pun kini lebih variatif mulai isi daging,ayam,telur dan lain-lain. Kudapan cilok ini masih menjadi alternatif utama dan no 1 dalam jajaran kuliner tradisional berbahan dasar aci.
Photo IG :berbagiresep


2. Cireng 
 Kalo boleh dibilang, cireng ini masih familynya 'cilok', bisa jadi paman atau keponakannya ya..he he. Kalo cilok ditusuk, sedangkan Cireng artinya aci digoreng. Yup, bahan dasar pembuatannya sama, dari aci akan tetapi adonan tepun,aci,campur kencur,bawang putih,bawang merah,garam,bawang daun  diisi dengan varian rasa ini dibuat adonan dulu lalu digoreng. Sedangkan kalo tadi cilok itu dikukus ya...!
Cireng biasa dapat dijumpai di tukang-tukang gorengan, namun seperi halnya cilok,kini kuliner yang satu ini mulai naik kelas .Banyak dijumpai di pusat kuliner bahkan sudah masuk aplikasi Gofood segala macam.
Photo Ig :cireng_tea

3. Seblak
 Nah kalo seblak ini adalah bahan utamanya kerupuk ,tapi asalnya aci juga ya,kemudian di lumerkan pake air dan ditumis dengan bumbu kencur,cabe,bawang,garam  dan rempah lainnya. Bisa juga dicampur ceker,kepala ayam dan adonan lain.Rasa pedas yang nendang, membuat seblak ini semakin digemari kalangan pecinta kuliner.
Seblak ini mulai trend kembali sekitar taun 2010 an ,dan kini menduduki peringkat ke 2 (versi kagaroet) untuk makanan berbahan dasar aci yang banyak digemari.
Ig;starshop_collection


4.Cibay
 Apa lagi tuh? Hehe,,masih istilah bahasa Sunda, cibay artinya 'aci ngagebay' . Ngegebay artinya istilah bentuk elastis yang bisa ditarik memanjang.Bahan dasar dan bumbu yang dipakai penganan ini hampir sama seperti seblak, ada rasa kencur dan pedasnya. Hanya ditumis dalam kuali dengan tekstur memanjang dan elastis.Nah untuk anda yang belum nyoba kuliner ini, dan kebetulan ada di Garut, banyak  dijumpai di pusat jajanan tradisional.
Photo Ig:alovelypaw


5. Bacil
  Bacil singkatan dari Baso Cilok, yaitu baso yang terbuat dari cilok. Soal basonya memang bukan baso daging atau urat namun berisi cilok.Sedangkan kuah dan bumbu seperti halnya bumbu baso biasa.Tren kuliner ini banyak dijumpai di Garut sebagai alternatif dan diversifikasi kuliner tradisional. Bacil lebih cocok disantai pada cuaca dingin dengan bumbu yang pedas.hmm..yummy.

Photo Ig:bacilgeboy



Nah itulah beberapa menu kuliner tradisional dari aci yang paling banyak diburu. Selamat bersantap

0 comments:

Post a Comment