Copy code snippet 5 Kuliner Manis Khas Garut Yang Menggiurkan ~ KaGaroet

5 Kuliner Manis Khas Garut Yang Menggiurkan

Selain pesona pemandangannya yang membuat decak kagum wisatawan,Garut mempunyai selera yang mengugugah selera lewat berbagai penganan khas Garut. Berbagai rasa kuliner khas kota wisata ini disajikan dalam berbagai menu unik.Namun kali ini,kami akan memberikan informasi mengenai kuliner manis khas Garut yang wajib dinikmati,

1. Burayot
  Kuliner ini sebenarnya kalo dicicipi sama dengan rasa kue cucur, yang berbentuk piramid,namun karena dibuat dan dibentuk dipenggorengan dengan menggunakan sebuah supit yang ditarik ujung-ujungnya hingga adonan nya berbentuk menggantung. Dalam bahasa Sunda kondisi ini disebut 'ngaburayot'. Dari sinilah lahir istilah Burayot untuk menamakan penganan manis khas Garut ini. Bahan dasar kuliner ini adalah tepung beras,gula merah,garam dan ditambah santan. Dewasa ini perkembangan kuliner burayot sudah mengalami berbagai modifikasi varian rasa,seperti rasa durian,strawberry dan varian rasa lain.


Jika anda berkunjung ke Garut,kuliner ini banyak  dijumpai di sekitar Kadungora dan Kawasan Wisata Candi Cangkuang.Menikmati burayot lebih pas disajikan bersamaan dengan teh pait.Hmm..kebayang nikmatnya
Photo IG :burayot_simadu


2. Awug
 Memang,kuliner manis ini hampir dijumpai di berbagai daerah Priangan,dengan berbagai varian dan bentuk.Khusus di daerah Garut,penganan ini kebanyakan berbentuk kerucut sesuai.
Awug adalah makanan masni berbahan dasar tepung beras,dicampur santan,diberi gula aren dan dikukus,penyajiannya ditambahkan parutan kelapa,hampir sama dengan bahan dasar kue putu.Anda dapat temukan penganan manis ini di sekitar Pasar Ceplak dan Jalan Hampor
Photo:IG Garutdelicious


3.Kue Balok
 Jajanan masni khas Garut ini kini trend juga di daerah Bandung,maklum kota asalnya kan masih tetangga. Adonan kue balok sebenarnya  hampir sama kaya kue lainnya.Berbahan dasar tepung,telur,santan,margarin dan air, dikocok sampai rata. Nah..karena di buat dalam cetakan yang berbentuk kotak yang dipanaskan, maka hasil kue tersebut menyerupai balok-balok. Maka istilah ini dinamakan kue balok.Kini varian kue balok lahir dengan berbagai rasa,terutama coklat yang lumer.

Photo IG:kuebalokabahgarut

4. Chocodot
Selain kota Dodol, Garut juga punya julukan Kota Coklat.Pasalnya sekarang banyak lahir industri coklat olahan yang dipadukan dengan olahan dodol. Maka lahirlah kuliner Chocodot, yaitu Coklat Dodol. Salah satu pelopor industri ini adalah PT Tama Coklat Indonesia. Chocodot memberikan sebuah warna dalam indutri kuliner coklat lokal dengan sentuhan packaging dan label yang nyeleneh dan menggelitik siapa saja yang membacanya,contoh' Coklat Anti Galau', Coklat Tolak Miskin dan lain-lain. Strategy ini menjadi sebuah alat promo atau branding  yang cukup ampuh dalam mengenalkan industry kuliner berbasis coklat ini.
Photo by Chocodot


5. Dodol Picnic
Nah, sebutan ini mungkin sudah sejak puluhan tahun terdengar. Kita mengenal kota Garut,selain jeruk Garutnya juga karena Dodolnya. Salah satu pelopor industry dodol yang masih eksis hingga saat ini adalah Dodol Picnic. Brand ini sudah mendunia dalam industry perdodolan baik skala nasional maupun internasional.Siapa yang tak tahu dodol? Mungkin 'kebangetan'ya...he. Kuliner ini memang bukan dikatakan asli Garut,karena setiap daerah sudah ada berbagai penganan semacam dodol,seperti jenang,dodol betawi dan lainnya.Namun khusus Dodol Picnic, Garutlah asalnya.
Tidak afdol rasanya jika berkunjung ke Garut tidak membeli oleh-oleh dodol dengan berbagai varian rasa .Sekarang telah lahir generasi baru Dodol Picnic yaiti Dol Choc, dodol Coklat.
Selamat berwisata kuliner

photo Ig dodolpicnic



0 comments:

Post a Comment