Ekspor Perdana Domba Garut Ke Pasar Dunia

Photo :IG pdp_sinarharapan

Masyarakat Garut kini boleh  berbangga,pasalnya  komoditi peternakan domba khas Garut kini mulai dilirik di pasar dunia. Ini terbukti dengan dilaksanakannya ekspor perdana domba Garut ke United Emirat Arab oleh PT.Inkopar Cahaya Buana. Sebanyak 300 ekor domba diekspor atas permintaan  Private Department of Sheikh Mohammed Bin Khalid Al Nahyan Abu Dhabi .
Dari total nilai kontrak sebanyak 3600 domba Garut dengan nilai transaksi Rp.57,6 Milyar.Pengiriman dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama ini dikirim 300 ekor domba melalui Bandara International Soekarno Hatta.


Menurut Drektur Operasional PT Inkpar Cahaya Buana, Harun Al Rasyid,ekspor yang dilakukan menjadi langkah awal optimisme industri peternakan di Indonesia,terlebih untuk para peternak domba Garut, moment ini menjadi ajang dan ladang semangat untuk lebih menggiatkan usaha peternakan domba Garut yang merupakan spesies domba pilihan yang terkenal sejak lama.
Menurut data,saat ini terdapat kurang lebih 400.000 domba garut yang dibudidayakan di 18 kecamatan di Garut. Selain karena untuk ketangkasan domba garut, juga dibudidayakan untuk industri daging olahan,seperti sate domba garut.
Domba Garut atau nama latinnya Ovies Aries adalah hasil persilangan 3 rumpun domba, Merino-Australia, Kaapstad asal Afrika dan domba Jawa Ekor Gemuk dari Indonesia. Domba Merino dibawa oleh Belanda, domba Kaapstad di bawa oleh para pedagang Arab dan domba Jawa Ekor adalah jenis asli domba Indonesia.
Masyarakat Garut memang sudah sejak lama akrab dengan hewan ternak yang satu ini,karena dari domba inilah industri kuliner, industi kerajinan kulit dan seni budaya adu ketangkasan domba berkembang di Garut.


0 comments:

Post a Comment