Copy code snippet Serunya Wisata Petik Jeruk Garut ~ KaGaroet

Serunya Wisata Petik Jeruk Garut

Bagi penikmat buah-buahan terutama jeruk, nama jeruk Garut sudah tidak asing lagi.Jeruk Garut pernah  mengalami masa kejayaannya pada dekade  tahun 70 sampai dengan 80-an. Kontur tanah dan cuaca Garut memang sangat mendukung tumbuh kembangnya tanaman ini. Namun nama jeruk Garut,sudah lama nyaris hilang ditelan derasnya impor buah-buahan luar.Padahal,jeruk Garut mempunyai cita rasa yang berbeda dibanding dengan jeruk lainnya.Generasi kini bahkan masyarakat milenial Garut pun seakan kehilangan pengetahuan tentang jeruk ini.
Fenomena ini membuat miris seorang tokoh muda asal desa Situgede ,Kec Cigedug,Garut bernama Dasep Badrussalam. Beliau adalah seorang pegiat seni dan budaya asli Garut yang selalu fokus terhadap seni,budaya serta kearifan lokal. Sebagai warga asli Garut,beliau menyadari fenomena ini. Baginya tidak ada kata menunggu dalam hal melestarikan budaya dan hal-hal berhubungan dengan kearifan lokal,termasuk mempertahankan eksistensi jeruk Garut yang sudah langka ini. Beliau melihat peluang ini dengan membuat dan mengelola sebuah kebon wisata dengan konsep Agrowisata Jeruk di perkebunan edukasi Eptilu,jalan raya Cikajang Km 24,Kecamatan Cigedug Cikajang. Jarak tempuh ke daerah ini sekitar 30-45 menit dari kota Garut ke arah selatan dengan memakai kendaraan motor atau mobil.
Menurut Dasep,lahan pertanian kebon jeruk Garut ini selain sebagai saranan wisata juga sebagai sarana edukasi terutama bagi generasi yang selama ini belum mengenal tentang jeruk Garut yang fenomenal di zamannya dan memiliki cita rasa yang khas.

Kebun Edukasi Eptilu,mulai dibuka sejak Februari 2016, dengan total luas lahan sekitar1,5 HA.Agrowisata Eptilu memberikan pengalaman baru bagi para wisatawan dengan menyajikan paket petik jeruk Garut. Untuk masuk kawasan kebun wisata Eptilu ini pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Pengelola hanya mematok biaya petik jeruk Rp. 20.000/kg/orang. Selain itu, bagi pengunjung yang hendak menikmati kuliner sehabis lelah memetik jeruk, pengelola menyediakan  paket liwet komplit seharga Rp.35.000/pax.
Nah..tunggu apalagi, bagi wisatawan yang mencari sensasi wisata di Garut,silahkan kunjungi kawasan Agrowisata Petik Jeruk Eptilu.

0 comments:

Post a Comment