Copy code snippet 6 Tips Sukses Menyelenggarakan Sebuah Event ~ KaGaroet

6 Tips Sukses Menyelenggarakan Sebuah Event



Semakin seringnya penyelenggaraan event dan perhelatan yang diselenggarakan di Garut seperti wedding,seminar,workshop,launching product,launching program dan lain-lain melahirkan beberapa kelompok muda yang menawarkan diri untuk mengelola  acara-acara tersebut. Di satu sisi memang ada penyelenggara acara (baca:EO) yang  sudah berpengalaman dan terorganisir dengan baik,namun masih banyak pula Event Organizer lainnya yang minim ilmu dan pengalaman dalam prakteknya.Hingga tidak jarang hasilnya tidak seperti yang diharapkan oleh user.
Menjadi EO tidak hanya menawarkan kehebohan belaka,akan tetapi bagaimana visi dan misi acara tersebut sukses disampaikan kepada audience. Untuk itu diperlukan trik dan tips tertentu agar event berjalan sukses.  Berikut ini 6 tips sukses untuk menyelenggarakan sebuah event.

Menyusun Tema dan Konsep Acara

Tema dan konsep acara merupakan faktor penting yang menentukan kesuksesan sebuah event. Konsep menarik dan unik akan memberikan kesan tersendiri.
Sebelum menentukan konsep,lakukanlah tukar pikiran ide (brainstorming) semua tim yang akan dilibatkan dalam acara ini. Berbagi ide konsep bersama akan lebih mudah dan menyenangkan daripada harus memikirkannya sendiri.

Pembagian Tugas Yang Jelas

Bagilah tim dalam beberapa divisi dan pastikan setiap divisi memiliki job description yang jelas. Jangan sampai ada anggota tim yang bingung saat menjalankan tugas dan fungsinya atau hanya jadi tim pemandu sorak.Semua kekuatan harus dilibatkan agar penyelenggaran berjalan maksimal.

Budgeting

Penyusunan anggaran adalah hal penting untuk sebuah event. Dengan mengalokasikan anggaran yang benar dan tepat kamu akan tahu berapa besaran anggaran operasional yang diperlukan untuk event tersebut.

Buat Timeline

Buatlah daftar apa saja yang harus dilakukan oleh semua anggota tim dan berikan deadline. Pemberian dateline bukan sebuah tekanan dan beban bagi anggota namun agar semua tim  faham dengan tugas pokok dan fungsinya  dan tidak menunda kewajiban mereka.

Buat Plan A & B

Selalu siapkan beberapa rencana alternative. Jika rencana A mengalami kendala dan tidak memungkinkan untuk dilakukan, lakukan alternative B.Karena ada beberapa faktor eksternal yang tidak bisa diprediksi,misalnya cuaca,atau jadwal protokol kunjungan VIP yang tiba-tiba berubah dari rundown yang telah disusun. 

Perkuat Teamwork

Konsep yang menarik, rencana yang matang,anggaran yang rasional tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya teamwork yang solid. Kerjasama dalam tim menjadi elemen yang paling menentukan kesuksesan sebuah event. Memaksimalkan tujuan bersama tim untuk kesuksesan sebuah event sangat penting dari sekedar memaksimalkan egosentris.