Copy code snippet 7 Tips Aman Berbelanja Online ~ KaGaroet

7 Tips Aman Berbelanja Online



Perkembangan dunia e-commerce  kini telah merambah ke semua lini kehidupan masyarakat sehari-sehari. Cara berbelanja online kini telah merubah perilaku sosial masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan barang dan jasa secara mudah. Banyak promo dan penawaran yang tertera dalam situs online shop menjadi sebuah daya tarik pembeli .Namun tak jarang,banyak pula para konsumen yang kecewa karena apa yang ditawarkan pada situs online shop tidak sesuai kenyataan yang didapat.

Untuk menghindari hal tersebut diperlukan kejelian dan kehati-hatian sebelum melakukan transaksi berbelanja secara online. Kami sajikan 7 tips aman berbelanja pada online shop.

loading...


1.Teliti Situs Online Shop

   Teliti sebelum membeli pada toko offline lebih mudah,karena barang langsung dapat kita pilih, Namun berbeda pada online shop. Kita harus terlebih dahulu mengecek keamanan situs tersebut.Jaminan keamanan situs minimal  dapat dilihat dari ikon gembok kunci pada URL situs  dan sertifikat SSL pada URL situs. Situs dengan http(s) dengan tambahan huruf ‘s’ biasanya lebih aman dari pada yang dimulai dengan ‘http’ saja. Artinya minimal kekhawatiran terhadap kebocoran data yang diberikan pada saat mengisi form transaksi.



Cek kredibilitas toko online tersebut sebelum yakin anda melakukan transaksi. Saat ini banyak bertebaran toko online di dunia maya. Sebuah toko online yang terpercaya biasanya dilengkapi dengan no telepon customer service.Tanyakan beberap hal terkait kebijakan transaksi dan bagaimana cara menangani keluhan pasca transaksi.

2. Lakukan Riset Pasar

  Teliti beberapa situs belanja online dan bandingkan beberapa perbedaan baik dari sisi harga,kualitas dan variasi produk yang dijual. Lakukan penelusuran mendalam terhadap toko-toko  yang berjualan di dalam situs tersebut. Siapa tau anda akan menemukan harga dan kualitas barang yang lebih baik.

3. Jaga Mudah Tergoda Promo Barang Murah

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat umum dengan promo dan harga miring yang ditawarkan. Sebelum itu yakinkan apakah anda ingin mendapatkan barang berkualitas atau harga yang murah? Karena nilai uang akan berbanding lurus dengan kualitas barang. Jangan terkecoh dengan promo dan diskon besar yang ditawarkan. Anda harus punya rasa curiga jika ada kualitas dari sebuah merk barang ditawarkan dengan harga super miring. Promo biasanya dilakukan pada moment tertentu dan tidak berlangsung setiap saat.

4. Jangan Pernah Mudah Memberikan Informasi

Sebelum melakukan transaksi anda terlebih dahulu diwajibkan mengisi form kontak dan data pribadi.Nah dalam langkah ini dituntut kewaspadaan terhdapa pemberian data pribadi.Jangan pernah menjawab pertanyaan yang dirasa mencurigakan.Jika menemukan hal tersebut segera tinggalkan dan carilah toko lain.

5. Pertimbangkan Cara Pembayaran

Pada umumnya,bertransaksi secara online menggunakan fasilitas kartu kredit karena dinilai merasa praktis dan nyaman. Akan tetapi transaksi dengan kartu kredit tidak menjamin keamanan pemilik kartu kredit. Berbagai kejahatan transaksi elektronik lewat kartu kredit sudah banyak dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.Pembobolan kartu kredit oleh oknum hacker sudah marak dimana-mana. Akibatnya,bukan barang yang didapat malah kerugian yang lebih besar.Pembayaran dengan metode Paypal dan Cash On Delivery (COD) lebih disarankan daripada dengan pembayaran kartu kredit.

6. Amankan Password Anda

 Langkah awal memasuki toko online terlebih dahulu anda diwajibkan log-in. Anda diperintahkan untuk mengisi Username dan Password. Untuk menjaga kerahasiaan dan duplikasi serta kebocoran sebaiknya password anda dibuat dengan karakter khusus yang rumit akan tetapi masih bias diingat.Ingat jangan pernah menujukkan password pada orang lain

7. Simpan Bukti Transaksi

Simpanlah bukti salinan transaksi anda yang sah.Hal ini dimaksudkan untuk menjaga hal-hal jika tarjadi sanggahan di kemudian hari sehingga ini menjadi alat bukti bahwa anda telah melakukan transaksi itu.
Itulah 7 tips aman berbelanja secara online semoga bermanfaat.