Copy code snippet Buka Rahasia! Ini Dia Cara Menghitung Harga Kamar Hotel ~ KaGaroet

Buka Rahasia! Ini Dia Cara Menghitung Harga Kamar Hotel



Sebagai sebuah kota dengan destinasi wisata beragam, para tamu yang berwisata ke Garut tentu membutuhkan sarana akomodasi berupa penginapan. Berbagai fasilitas akomodasi berupa hotel tersebar banyak di kota Garut dari kelas non bintang sampai dengan kelas bintang.Perbedaan tersebut di dasarkan atas bentuk produk dan pelayanan yang berbeda. Di sisi lain harga kamar kamar pun berbeda-beda satu sama lainnya.
Dari sisi konsumen, ada dua perspektif terhadap pemenuhan kebutuhan akan kamar hotel tersebut, yaitu berdasarkan persepsi harga dan kualitas pelayanan. Namun terkadang konsumen menginginkan harga semurah-murahnya untuk dapat menginap di sebuah hotel tersebut,padahal dari sisi manajemen hotel juga memiliki perhitungan sendiri dari mana asal mula sebuah kamar hotel di tawarkan agar memberikan keuntungan bagi keberlangsungan usahanya.
Nah, kami mencoba memberikan bocoran sederhana bagaimana sih cara menghitung harga kamar sebuah hotel itu?Yuk kita intip-intip....!

A.Traditional Pricing

Metode penetapan harga kamar hotel yang klasik mengandung hitung-hitungan tertentu yang mengacu kepada  pemakaian biaya (cost) dan perkiraan keuntungan yang di dapat. Di sebut juga metode ini metode klasik karena awal sejarah perhotelan kebanyakan tetap mengacu kepada metode dasar ini.

1.  Metode Rule Of Thumb

Yaitu penetapan harga kamar berdasarkan nilai total investasi bangunan/kamar. Menurut teknik ini, harga jual sebuah kamar adalah 1/1000 dari total investasi kamar dibagi total kamar keseluruhan.Kelemahan metode ini adalah hanya berdasarkan nilai investasi kontruksi awal,dan mengabaikan biaya saat ini. Jika menghitung nilai bangunan maka  termasuk nilai investasi tanah di mana kamar tersebut dibangun.  Dari sisi nilai, tanah akan cenderung mengalami kenaikan sedangkan bangunan dan fasilitasnya mengalami penyusutan (depresiasi).

 2. Metode Hubbart Formula

Yaitu cara penetapan harga kamar dengan pendekatan income statement.  Artinya metode ini memerlukan data statistik minimal satu tahun berjalan ,karena metode ini mengacu kepada perhitungan biaya,pendapatan dan forecast yang diharapkan. Beberapa data stastik yang diperlukan untuk membuat harga kamar hotel dengan cara ini adalah
1.Pendapatan bersih dan return of investment yang diharapkan
2. Operational Cost
3. Biaya Tetap
4. Non room profit & loss
5. Pendatan kamar yang diharapkan
6.Target kamar yang terjual (room sold) sesuai etimasi Tingkat Hunian
7. Harga Rata-rata kamar yang diharapkan  

3. Metode Square Foot Calculation

 Hampir sama dengan cara No 2 akan tetapi perhitungan bukan bedasarkan estimasi  jumlah kamar terjual akan tetapi berdasarkan rasio perhitungan luas kamar.Kelemahan metode ini adalah mengesampingkan faktor biaya tetap dan biaya variable.

 4. Metode Dengan Pendekatan Cost Of Room Ratio.

 Rasio harga kamar standard adalah asumsi dari 100%nya room cost . Cost of room artinya adalah beberapa biaya langsung yang di jadikan fasilitas tamu di kamar yang dikonsumsi oleh tamu seperti sabun,sampo,teh,kopi,air minum,sandal, biaya laundry linen dan sebagianya. Kisaran ideal cost of room adalah 7%-10%. Sedangkan agar operasional hotel tersebut tetap jalan,maka rasio room profitability hotel harus pada kisaran >86%. Bagaimana caranya? Kiranya tidak dapat di bahas pada postingan ini.Silahkan menghubungi Contact Form.

B. Modern Pricing

Dalam era serba digital dimana kemajuan Informasi Teknologi berkembang pesat,menimbulkan pola perilaku konsumen yang berubah pula dalam hal cara pemesanan kamar hotel, dan pemilihan hotel. Customer lebih kritis menyikapi setiap hal yang menyangkut harga kamar dengan membandingan fasilitas kamar hotel lainnya.
Maka dari itu diperlukan acuan yang lebih dinamis dalam hal menetapkan harga kamar hotel. Metode klasik adalah menjadi dasar acuan sedangkan dalam prakteknya harus menyesuaikan antara permintaan dan penawaran.
Metode dynamic rate lebih cocok untuk era di mana kondisi pasar berubah berdasarkan kompetisi,supply dan demand
1. Competitive Pricing (Harga Kompetitif)
2. Follow The Leader Pricing (Mengikuti Harga Pesaing}
3. Prestige Pricing (Harga Premium)
4. Discount Pricing (Harga Diskon)

Hmm,,,ternyata  ga semudah itu ya membuat sebuah harga kamar hotel? Jadi sekarang anda yang sering menyewa kamar hotel sudah sedikit mengetahui darimana asalnya harga kamar yang ditawarkan itu?