Kolaborasi Pentahelix Dalam Mendorong Pariwisata Indonesia



Sebagai sebuah leading sector dalam memacu pertumbuhan ekonomi nasional, sektor pariwisata terus digenjot untuk  mencapai target-target yang sudah direncanakan oleh pemerintah dalam hal ini Kementrian Pariwisata. Target 20 juta kunjungan wisman tahun 2019, pergerakan wisman 275 juta da indeks daya saing pariwisata Indonesia  pada ranking 30 dunia. 100 ribu homestay yang tersebar di 10 Destinasi Prioritas atau Bali Baru  yang sudah dicanangkan yaitu Danau Toba Sumut,Tanjung Kelayang  Belitung,Tanjung Lesung Banten ,Kepulauan Seribu Jakarta, Borobudur Jawa Tengah,Bromo Jawa Timur, Mandalika Lombok,Labuan Bajo NTT,Wakatobi Sultra dan Morotai di Maluku Utara
Dalam berbagai forum,Menteri Pariwisata menjelaskan bahwa jika keberhasilan pariwisata Indonesia tidak akan tercapai tanpa melibatkan unsur-unsur Pentahelix.
Pariwisata Indonesia tidak akan lepas dari berbagai kepentingan yang ada di sekitar destinasi wisata dan para stakeholder.Maka peran dan sinergitas unsur Pentahelix tersebut menjadi sangat penting. Nah apa itu Pentahelix menurut Arief Yahya?
Unsur pentahelix disebut juga ABCGM yaitu sebuah sinergitas yang diusung oleh Academic,Business,Community,Government & Media. Tanpa adanya keterkaitan unsur-unsur di atas,pariwisata Indonesia tidak akan berhasil maksimal.Diperlukan peran dari kelima unsur tadi yang saling mendukung satu sama lain.
Pemerintah berperan dalam upaya melakasanakan kebijakan yang telah dituangkan dalam undang-undang.Akademisi berperang dalam menggali dan memberikan kontribusi keilmuan dari hasil penelitian dan pengembangan. Sementara Para Pengusaha atau Entrepreneur memberikan peluang menanamkan peluang investasi di sector ini sehingga dapat menyerap alokasi tenaga kerja dan menggerakan roda perekenomian di sekitar destinasi wisata.
Adapun komunitas atau Community merupakan sekumpulan orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama dan dalam hal ini, entrepreneur mencari komunitas yang sama dengan mereka dan relevan dengan bisnis yang dikembangkan. Jangan asal ikut komunitas tetapi aktiflah di komunitas tersebut. Banyak komunitas yang mulai berkembang dan bisa mendapatkan keuangan, pemasaran, informasi dan bahkan bahan baku yang dibutuhkan oleh setiap entrepreneur.
Unsur terakhir dan sangat berperan penting dalam mengusung keberhasilan pariwisata adalah Media. Peran media sangat pentig dalam menyebarluaskan berbagai program dan kegiatan pariwisata yang telah dicanangkan. Di era digital dan informasi teknologi saat ini,peran media baik online maupun offline sudah tidak mungkin dibendung lagi.Akan tetapi yang tetap harus dijaga adalah tugas pokok dan fungsi media harus benar-benar menjadi penyambung sumber informasi berimbang,valid,jujur dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan etika dan tata nilai yang berlaku.


0 comments:

Post a Comment