Copy code snippet 1000 Anak Menggambar Sang Garuda ~ KaGaroet

1000 Anak Menggambar Sang Garuda



Antusiasme tampak terlihat dari raut wajah anak-anak TK dan PAUD dan  RA dari Lima Kecamatan  se Garut dalam acara Lomba Mewarnai Burung Garuda yang bertempat di halaman Pusat Konservasi Elang Kamojang,Garut. Acara ini digagas dalam rangka menumbuhkan kepeduliaan anak sejak dini terhadap kelestarian alam dan satwa,sekaligus dalam rangka memperingati HUT RI ke-74. Hasilnya, berbagai kreasi anak-anak  menggambar burung Garuda itu sungguh lucu dan menggemaskan.
Sebelum acara dimulai, lebih kurang 1500 anak TK dan PAUD itu,diberikan kesempatan untuk berkunjung ke kandang-kandang penangkaran elang terbesar di Indonesia ini. Sebagaimana kita tahu,Kawasan Kamojang Ecopark, memiliki sebuah area penangkaran berbagai jenis elang langka yang  salah satunya adalah Elang Jawa (Nisaetus Bartelsi). Pusat Konservasi Elang Kamojang dibiaya penuh oleh Pertamina,dimana salah satu produksinya adalah PLTU Kamojang.
Menurut ketua panitia 1000 Anak Mewarnai Sang Garuda, Ari Maulana Karang, acara ini baru pertama kali diadakan di area konservasi yang dilindungi.Animonya ternyata cukup luar biasa, terbukti dari target 1000 anak, ternyata dihadiri lebih dari 1500 anak TK,PAUD dan RA se Garut.Acara ini juga dihadiri oleh Bunda PAUD Garut,ibu Dyah Kurniasih GUnawan,istri Bupati Garut Rudy Gunawan,untuk memberikan support dan semangat kepada anak-anak tersebut.
Tujuan dari acara ini adalah untuk mengenalkan apa itu konservasi dan bagaimana belajar mencintai lingkungan.
Burung Garuda, merupakan nama lain dari Elang Jawa, yang dilindungi dan nyaris punah. Selama ini anak-anak mengetahuinya sebagai lambang negara yang dilihat di dinding sekolah. Dengan melihat langsung ke area konservasi, mereka jadi tahu bagaimana sesungguhnya burung Garuda tersebut.
Tingginya minat peserta, diharapkan kegiatan ini menjadi event tahunan yang menghiasi agenda wisata Garut dimana Pertamina dapat menjadi sponsor utamanya.

Selama ini, masyarakat Garut sendiri belum semunya mengetahui kalo Garut memiliki kawasan konservasi elang .Oleh karena itu kegiatan ini sendiri selain memberikan edukasi kepada anak tentang pentingnya memelihara lingkungan, juga sebagai jembatan mempromosikan Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK).
Tampak anak-anak itu menikmati kegiatan tersebut,selain mengajarkan berimajinasi menggambar elang, mereka juga dijarkan bagaimana memelihara lingkungan salahsatunya dengan tidak membuang samapah sembarangan.
Pusat Konservasi Elang Kamojang memiliki koleksi 122 ekor elang dari 10 spesies elang, berasal dari wilayah Indonesia.Sejak 2015,PKEK sudah melepas lebih kurang 50 kali pelepasliaran elang ke alam bebas sesuai spesis dan habitatnya. Jika anda ke sana, akan mudah ditemui jenis elang bondol (Haliastur indus) dan elang ular (spilornis cheela). Adapun spesia paling banyak adalah elang brontok  sebanyak 40 ekor, elang bondol, elang paria,elang paria dan elang jawa.

0 comments:

Post a Comment