Copy code snippet Belajar 'Ngocoblak ' Bareng Para Jawaranya MC Garut ~ KaGaroet

Belajar 'Ngocoblak ' Bareng Para Jawaranya MC Garut

Pesatnya industri kreatif dan perhelatan di Garut semakin hari menunjukan sebuah perkembangan yang signifikan.Hal ini ditunjang dengan perkembangan arus teknologi informasi yang merubah cara pandang masyarakat yang ke arah yang lebih kritis dan praktis. Tuntutan kebutuhan akan sumber daya manusia dalam industry kreatif dan event di Garut,terutama untuk seorang Master of Ceremony,ternyata menjadi sebuah hal yang cukup menarik dan potensial untuk terus dikembangan. Masyarakat semakin 'open mind' dalam memahami bagaimana jika sebuah event atau perhelatan bisa diselenggarakan dengan baik jika tidak di 'guide' oleh seorang MC yang baik,mampu mencairkan suasana dan yang lebih penting mampu menyampaikan tujuan kepada audiens tentang  event yang diselenggarakannya tersebut.
Dalam pada itu, ada sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Garut,bahwa ternyata Garut memiliki segudang  jawara 'cuap-cuap' dan'ngocoblak' yang  sangat potensial dan bertalenta. Mereka menamakannya Komunitas MC Garut yang kini memasuki umur yang ke-2 tahun.  Ada, hal yang menarik dari komunitas ini, bahwa mereka adalah kumpulan Master of Ceremony yang terlahir dari latar belakang dan pakem yang berbeda-beda. Sebut saja, ada spesialis MC Wedding berlatar  Tradisi Sunda &Islami, ada MC Wedding berlatarbelakang moderat,MC Event, MC Protokoler, MC dengan background  Penyiar Radio dan lain-lain.Tentunya dengan berbagai latar belakang tersebut memiliki gaya,cara sampai pemilihan 'diksi' yang berbeda beda. Namun demikian mereka adalah tetap merupakan sekelompok pekerja kreatif dengan basic "Public Speaking' yang akan menentukan sukses tidaknya sebuah acara.
Kini memasuki usianya yang ke-2,Bertempat di Zabir Coffee and Friends,Jumat 2 Agustus 2019,komunitas MC Garut semakin menujukkan eksistensi dan kekompakannya dengan menyelenggarakan syukuran ultahnya dengan tema' Talk About Xperience'. Acara ini dikemas dalam bentuk talkshow,workshop, music performance  dan doorprize,merupakan moment tepat untuk berbagi . 
Berbagai  MC 'hits dan kondang' Garut dari lintas generasi dan latarbelakang,saling berbagi keseruan pengalaman dan tips terutama bagi pemula dan siapa saja yang akan terjun di industri ini. Acara ini sangat positif dalam menumbuhkan minat dan bakat millenial yang hendak terjun menjadi MC namun minim pengetahun dan pengalaman. Pepatah 'Pengalaman adalah Guru Terbaik' nyatanya memang masih tetap menjadi sesuai yang diyakini oleh profesi apapun,termasuk oleh seorang Master of Ceremony. Pengalaman lucu,pahit, jam terbang ,keinginan untuk terus berlatih dan meningkatkan kualitas ilmu dan keterampilan formal adalah menjadi kunci sebuah kesuksesan  bagaimana akhirnya menjadi seorang Pemandu Acara yang baik dan dipercaya masyarakat.
Dalam pandangan keilmuan, kemampuan atau kompetensi adalah sekumpulan variable Pengetahuan, Keterampilan  dan Sikap, namun dari ketiga variable tersebut,yang terpenting adalah Sikap dan nilai-nilai profesionalisme. Inilah merupakan kunci sebuah kesuksesan dalam menjalankan profesi ini. Memperkaya referensi dan literasi  adalah penting  namun tetaplah menjadi diri sendiri tanpa harus menjadi orang lain,   teruslah menggali potensi diri yang tersembunyi. Maju terus komunitas MC Garut,tetap jaya dan kompak !
Last but not least,bagi masyarakat Garut dan sekitarnya yang hendak memerlukan jasa profesi pemandu acara atau MC baik wedding, event,atau tema lainnya, ga usah jauh-jauh nyari ke tempat lain  ya..di Garut juga banyak ko, yang kondang and hitz....Okay? (KI)

0 comments:

Post a Comment