Copy code snippet Pelajari 3 Hal ini Sebelum Memasarkan Produk Anda! ~ KaGaroet

Pelajari 3 Hal ini Sebelum Memasarkan Produk Anda!


Setiap usaha dan aktifitas yang dilakukan orang dalam keseharian tidak luput dengan hal'memasarkan dan menjual'sebuah produk atau jasa. Bahkan ketika anda mengajukan sebuah aplikasi lamaran pun, pada saat itu juga anda sedang melakukan 'self branding', yaitu memasarkan potensi diri -menjual diri- anda  agar dapat dipertimbangkan diterima bekerja diperusahaan yang dilamar tersebut. 
Berbicara 'memasarkan' dan 'menjual' adalah sebuah kata yang serupa tapi tak sama. Namun perannya ibarat  2 sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya Pada umumnya, orang menyamaratakan peran tersebut dalam kesimpulan 'menjual' atau 'sale'. Ada benarnya juga sih, namun bagi para marketer dan sales person, hendaknya anda memahami peran dan fungsi masing-masing baik. Rencanakan usaha anda, apakah marketing, branding atau mau selling.
Kegiatan marketing adalah memasarkan sebuah produk atau jasa melalui  langkah strategis sebelum akhirnya terjadi 'selling' yang ujungnya adalah'closing'. 
Menjadi seorang marketer dan sales person handal, memerlukan jam terbang yang cukup dan kemampuan soft skill yang diandalkan seperti teknik negosiasi,teknik berkomunikasi, handle objection, ramah, jujur dengan produk dan memelihara hubungan baik dengan customer serta beberapa syarat dasar yang harus dipahami .  
Nah,dianalogikan anda , para marketer adalah seorang  anggota pasukan yang akan tempur ke medan ,maka anda harus memahami dulu strategy perang tersebut. Langkah apa saja yang harus anda pahami sebelum anda memasarkan produk atau jasa itu?

Segmentasi


Segmentasi adalah kegiatan membagi pasar yang lebih besar  menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Beberapa variable yang berlaku dalam penetapan segmentasi ini adalah seperti faktor, Demografis, Psikografis dan Perilaku.
Sesuaikan 5 pilar bauran pemasaran  (Marketing Mix)anda dengan segmentasi ini, yaitu people, place, product, price, promotion dengan Segmentasi agar usaha yang anda lakukan berjalan efektif dan efesien. 
Sebagai contoh, dalam dunia hospitality industry (perhotelan), pada umumnya segementasi sudah terbentuk,seperti segment Individual, Government, Corporate, Travel Agent dan lain-lain. Perlakuan ' cara memasarkan pun harus disesuaikan segmentasi tadi, Seorang sales person, akan mudah'klik' dengan customernya  jika sudah memahami apa dan bagaimana serta aturan maen apa yang umumnya berlaku pada masing-masing segment tersebut.


Targeting

Langkah kedua adalah menetukan target market anda. Yaitu membagi kelompok segmentasi di atas menjadi kelompok yang dipilih untuk  dijadikan pelanggan anda.
Contoh: Jika anda hendak menjual sebuah produk kecantikan dengan harga 1.000.000. Anda telah menetapkan segmentasi dari aspek minat, misalnya para ibu muda  di komplek A. Lalu pertanyaannya,harga tersebut harus sesuai daya beli dan ini harus menyesuaikan dengan penghasilannya agar harga yang ditawarkan sesuai dengan target yang telah dibidik tadi.

Positioning

Mengembangkan strategy yang bertujuan untuk mempengaruhi segment pasar, tertentu memandang sebuah produk. Penentuan posisi menunjukkan bagaimana sebuah produk dapat dibedakan dari pesaingnya. Secara sederhana, positioning bertujuan membedakan sejauh mana usaha anda (effort) dengan pesaing anda. Dalam sebuah marketplace, positioning yang kuat akan memberikan image dan kepercayaan yang baik bagi customer dalam menentukan produk mana yang akan dibeli.Pada tahap inilah pentingnya anda memelihara branding, karena branding anda akan berkompetisi dengan yang lain

Inilah 3 langkah dasar yang harus dipahami oleh para marketer dan seller dalam memasarkan produk atau jasanya, agar usaha yang dilakukan  efektif,efisien, dan berhasil optimal.

0 comments:

Post a Comment