Copy code snippet Pentingnya Membangun Sebuah Brand ~ KaGaroet

Pentingnya Membangun Sebuah Brand



Kali ini KaGaroet akan  mengupas  perihal seputar Brand Identity, atau bahasa sederhananya adalah identitas sebuah merk dagang yang mewakili eksistensi sebuah perusahaan.  Ini penting bagi para pelaku bisnis baik skala kecil maupun besar. Banyak pelaku bisnis asal-asalan dalam menentukan sebuah brand identity padahal brand adalah merupakan hal penting dalam sebuah entitas bisnis.
 Sering kali para penjual atau pebisnis mengabaikan hal ini,mereka lebih focus kepada produk unggulan yang dijual untuk menjaring konsumen atau pembeli. Bagi pebisnis yang faham tentang apa itu brand, mereka akan mengeluarkan biaya besar dalam menentukan dan mengesahkan sebuah identitas bisnis. Sebuah brand yang di dalamnya adalah merk,logo,tagline dan lainnya sejatinya mengandung filosofi yang dalam tentang visi,misi dan nilai dasar perusahaan tersebut.

Beberapa fakta yang perlu dipahami mengenai sebuah brand

  • Dalam era digital marketing, era hard selling atau menjual secara langsung sebuah produk sudah mulai ditinggalkan.Cara-cara menjual dengan konsep soft selling,convert selling dan story telling adalah pendekatan yang pas di dalam platform media online yang saat ini sedang trend. Kalo mau jujur, anda tidak benar-benar tergiur oleh sebuah produk, tapi oleh siapa yang menjual dan menyampaikan pesan itu. Di sini berlaku, konsep Attention, Interest, Desire dan Action. Langkah terakhir,call to action merupakan konversi yaitu  berapa konsumen yang benar-benar membeli produk anda? Maka, konsumen secara jujur akan melihat brand identitas seller.Banyak platform market place bertebaran di dunia maya, namun hanya 2 atau  3 brand saja yang namanya melekat di dalam pikiran konsumen. Brand tersebut tumbuh dalam fikiran konsumen karena logo, warna,jenis huruf,dan filosofi yang sejalan dengan lahirnya nama brand itu.


  • Yang anda butuhkan untuk meyakinkan konsumen adalah brand,bukan produk anda. Brand yang dapat meyakinkan konsumen dan menjadi solusi kebutuhannya dan bagaimana mempunyai keunggulan kompetitif dibanding pesaing.Sebagai contoh, jika anda sedang dalam perjalanan dan merasa haus lalu anda  memasuki sebuah  mini market dan menyebut sebuah merk air mineral “A’, namun sesampainya di dalam toko anda justru memilih air mineral kemasan dengan merk’B’ . Artinya,keberhasilan brand itu telah merubah dan menggiring opini konsumen untuk menggeneralisir merk tertentu untuk beragam brand dengan produk yang sama .


  • Pada dasarnya,brand  adalah sebuah janji ke konsumen. Dengan brand tersebut, anda berusaha memberitahu kepada konsumen tentang apa yang diharapkan dari sebuah produk yang anda tawarkan.


Maka dari itu, mulai sekarang selain focus dalam membangun sebuah produk unggulan, anda harus sudah mulai focus dalam mengembangkan identitas brand anda. Inilah strategy bisnis yang wajib diperhatikan.

0 comments:

Post a Comment