5 Tips Liburan Nyaman Saat Musim Hujan


Keadaan cuaca menjelang akhir tahun sampai dengan awal tahun biasanya masih didominasi oleh musim penghujan. Namun, keinginan berlibur mengunjungi detinasi wisata tentu tidak terbentur pada keadaan cuaca. .Kekhawatiran akan informasi cuaca ekstrim dan lain-lain,yang sampai membatalkan rencana yang sudah disusun, adalah bukan sebuah keputusan tepat. Cara bijaksana dalam menyikapi rencana liburan di saat iklim ekstrim adalah mempersiapkan rencana dengan matang. Berikut kami ini tips ringan berlibur pada saat musim hujan

1. Tentukan Destinasi

Ini adalaha langkah penting sebelum persiapan lainnya. Pastikan destinasi yang dipilih adalah destinasi yang aman untuk kunjungan pada saat musim hujan. Jika telah memilih destinasi wisata outdoor atau adventure trip, mungkin dapat segera dirubah kepada destinasi wisata yang memiliki cuaca lebih cerah atau destinasi dengan venue tertutup.




2. Mempersiapkan Perlengkapan


Berwisata di musim penghujang memerlukan persiapan yang ekstra.Ini tidak lain karena kondisi cucac yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh kita. Bawalah perlengkapna pakaian yang hangat, jas hujan,payung,sepatu anti selip .Anda dapat mencarinya di toko perlengkapan outdoor gear  Hal lain yang penting adalah menyiapkan obat-obatan dan vitamin untuk jaga-jaga jika terjadi kondisi yang tidak baik bagi tubuh .

3. Persiapkan Dana Extra

 Selain bujet yang sudah direncanakan, tentunya dana ekstra perlu disiapkan diluar bujet utama. Hal ini untuk menjaga-jaga jika terjadi hal diluar rencana atau jika terjadi hal yang disebut force majeur. Jika jarak dan lokasi wisata biasanya dapat ditempuh kendaraan langsung roda empat, namun karena ada hal lain karena kondisi alam yang mengharuskan ditempuh dengan ojek , maka tentunya dana yang dilkeluarkan akan lebih besar.


4. Pilih Destinasi Langsung

Memilih destinasi wisata  langsung pada saat musim hujan adalah cara yang bijak untuk mengurangi resiko delayed. Jika anda menggunakan moda transportasi udara, pilihlah penerbangan langsung ke destinasi wisata, untuk mengurangi resiko delayed karena faktor cuaca. Demikian juga dengan moda transportasi darat seperti kereta api atau bus,hendaknya mencari perjalanan langsung untuk mengurangi keterlambatan karena faktor cuaca buruk.


5. Kuliner Hangat

Hujan-hujan memang sangat tepat jika  mencari destinasi kuliner yang menghangatkan tubuh . Kuliner berkuah,seperti soto,sop,baso atau minuman hangat seperti wedang jahe,bajigur,sekoteng dan lainnya dapat menjadi referensi kuliner anda di musim hujan agar badan anda tetap hangat dan fit selama berlibur.
Happy traveling!  (KI)


0 comments:

Post a Comment